Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembebasan Lahan untuk Runway Bandara Sepinggan Kurang Rp 121 M

Senin, 27 April 2015 – 09:55 WIB
Pembebasan Lahan untuk Runway Bandara Sepinggan Kurang Rp 121 M - JPNN.COM

jpnn.com - BALIKPAPAN - Pemprov Kaltim enggan terburu-buru untuk mengalokasikan kembali pembebasan lahan perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Internasional Sepinggan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim Zairin Zain  mengatakan, Pemprov Kaltim memang sudah mengucurkan Rp 37 miliar pada 2013 lalu untuk membebaskan lahan. Namun masih ada kekurangan sebesar Rp 121 miliar.

"Tapi masih kami pelajari. Ada kebijakan baru dari pusat, yang menyatakan proyek BUMN itu jadi tanggung-jawab mereka sendiri," bebernya.

Dengan demikian, lanjut dia, pembangunan landasan pacu ini menjadi tanggung-jawab Angkasa Pura I yang merupakan operator Bandara Sepinggan.

"Atas kebijakan ini, kiprah pemprov ke proyek ini (perpanjangan landasan pacu) dikurangi," katanya.

Namun, ujar dia, lantaran sudah mengeluarkan anggaran pembebasan lahan, pemprov akan membantu proyek tersebut. Sedangkan proyek fisik sepenuhnya menjadi tanggungan Angkasa Pura.

Meski kembali membantu, Zairin belum bisa memastikan kapan anggaran pembebasan lahan dikucurkan. Dishub Kaltim disebutnya telah berkoordinasi dengan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Pemkot Balikpapan diminta untuk menghitung ulang rincian keperluan anggaran yang real untuk membebaskan lahan. Menurutnya, bila keperluan anggaran tersebut sudah diketahui jumlahnya, pemkot segera mengajukan ke provinsi.

BALIKPAPAN - Pemprov Kaltim enggan terburu-buru untuk mengalokasikan kembali pembebasan lahan perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close