Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Anggap Reklamasi Solusi Lahan Jakarta Utara

Senin, 27 April 2015 – 14:41 WIB
Pengamat Anggap Reklamasi Solusi Lahan Jakarta Utara - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pakar Eddy Ihut Siahaan mengatakan, reklamasi kawasan pantai utara Jakarta sudah terlalu lama terbengkalai. Menurut Eddy, banyak permasalahan Jakarta yang kian sulit ditangani jika proses reklamasi terus terhambat.

"Penurunan permukaan tanah (land subsidence) sudah semakin parah dan jadi masalah yang paling mengancam. Karena itu harus segera dicarikan penyelesaiannya," kata Eddy Ihut Siahaan, kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/4).

Eddy menambahkan, di samping faktor penurunan permukaan tanah, ada hal lain yang juga harus dipertimbangkan. Yakni, pemekaran wilayah dan meningkatnya jumlah penduduk. Wilayah pantai utara Jakarta juga akan lebih berkembang dan tertata lebih rapih dengan reklamasi.

"Reklamasi menjadi solusi optimal karena selain menambah luas wilayah Jakarta, juga bisa merevitalisasi pantai utara dan membuat kawasan utara Jakarta menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi baru," kata Eddy Siahaan.

Terpisah, pengamat perkotaan Yayat Supriyatna mengatakan, rencana reklamasi untuk membangun hunian di pinggiran ibukota harus mampu menciptakan kota mandiri. Dengan begitu, tidak lagi membebankan kota Jakarta.

"Jakarta jangan lagi dibebankan dengan tambahan lalu lintas dari reklamasi pulau-pulau di pinggiran Jakarta," kata Yayat. (fas/jpnn)

JAKARTA - Pakar Eddy Ihut Siahaan mengatakan, reklamasi kawasan pantai utara Jakarta sudah terlalu lama terbengkalai. Menurut Eddy, banyak permasalahan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close