Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP Siapkan Nama, Pramono Makin Kencang Didorong Masuk Istana

Kamis, 07 Mei 2015 – 08:22 WIB
PDIP Siapkan Nama, Pramono Makin Kencang Didorong Masuk Istana - JPNN.COM
Pramono Anung. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - PDIP membuat terobosan di tengah kencangnya wacana perombakan kabinet (reshuffle) beberapa waktu terakhir. Selain mengadakan dialog langsung dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka yang dihadiri pengurus dewan pengurus pusat (DPP) dan 33 ketua dewan pimpinan daerah (DPD) dari seluruh Indonesia kemarin (6/5), ternyata partai berlambang banteng moncong putih itu menyiapkan kader terbaik yang bisa dipilih Jokowi di tengah reshuffle. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa persoalan yang dihadapi Jokowi sejak dilantik sangat berat. Mulai celah fiskal yang sempit, konflik antarlembaga tinggi negara, hingga warisan utang yang cukup besar. 

"Kendala-kendala dalam hal percepatan infrastruktur juga masih besar," ujar Hasto setelah mendaftarkan kepengurusan baru PDIP di kantor Kemenkum HAM di Jakarta kemarin 

Presiden, lanjut Hasto, tentu akan memperbaiki kinerja kementerian yang dinilai tidak mampu memuaskan publik. Bisa dengan reshuffle kabinet, mempercepat agenda pemerintah, atau cara-cara lainnya yang dinilai tepat oleh presiden. 

Yang jelas, menurut Hasto, PDIP tidak pernah mendorong presiden untuk melakukan reshuffle. Itu sepenuhnya urusan presiden dan PDIP hanya mendukung yang dilakukan presiden.

Meski demikian, Hasto tidak membantah bahwa PDIP juga memberikan masukan kepada presiden. Tentu apabila presiden meminta. Termasuk apabila diminta menyiapkan calon menteri jika reshuffle jadi dilakukan. "Sebagai parpol, kami siapkan kader terbaik untuk mengisi jabatan," tambahnya.

Hingga saat ini, belum banyak nama yang muncul sebagai kandidat pengganti jika benar terjadi reshuffle untuk beberapa pos di kabinet. 

Nama-nama itu tentu sulit bisa lepas dari dinamika politik dalam beberapa waktu ke depan. Salah satu yang paling deras bergulir adalah mantan Sekjen DPP PDIP Pramono Anung. Isu soal mantan wakil ketua DPR itu akan didorong untuk bisa masuk ke lingkaran istana berembus sejak Kongres IV PDIP di Bali awal April 2015. (dyn/owi/byu/bay/c10/kim) 

JAKARTA - PDIP membuat terobosan di tengah kencangnya wacana perombakan kabinet (reshuffle) beberapa waktu terakhir. Selain mengadakan dialog langsung

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close