Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mengenal Batu Tiga Batu Sumatera yang Kini Kian Diburu

Jumat, 22 Mei 2015 – 08:25 WIB
Mengenal Batu Tiga Batu Sumatera yang Kini Kian Diburu - JPNN.COM

jpnn.com - MAKIN banyak saja penggemar batu mulia nusantara. Bahkan beberapa penggemar rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta hingga miliaran jika menemukan batu yang benar-benar unik dan disukai. Batu bukan hanya digemari  karena keindahannya, tapi ada pula yang menilainya memiliki energi dari alam. Batu-batu yang dianggap punya energi itu di antara lain batu lavender, chalcedony, dan blue sky. Berikut profil ketiga batu tersebut.

Batu Lavender

Mengenal Batu Tiga Batu Sumatera yang Kini Kian Diburu

Batu lavender yang diklaim dapat membangkitkan aura positif pemakainya. Dinamakan lavender karena warna batu ini ungu lembut mirip warna bunga lavender. Ciri khas lainnya, lavender memiliki serat batu mirip punggung kura-kura.

Salah seorang pedagang batu lavender di Sitihinggil Keraton Kasunanan Surakarta, Syuhaib, 25, menuturkan, yang paling banyak diburu adalah batu lavender Baturaja. Karena lavender dari kota di Provinsi Sumatera Selatan itu memiliki kualitas lebih baik daripada lavender-lavender kota lainnya.

“Banyak batu yang hampir mirip dan dinamakan lavender. Tapi tetap tak bisa mengalahkan (lavender) Baturaja,” ungkap Syuhaib.

Sekilas, lavender Baturaja mudah dikenali dari warna ungunya yang cenderung soft ada pula yang ungu pekat. Untuk harga, lavender Baturaja bisa terjual di angka Rp 3,5 Juta hingga Rp 15 Juta tergantung warna dan ukurannya. “Harganya di bawah fire opal dan di atas chalcedony. Lavender cenderung stabil,” kata Syuhaib.

Daya tarik lavender didukung manfaat yang dipercaya sebagian pecinta batu mulia sebagai pembangkit aura positif dan pembawa ketenangan. Warna ungu yang soft dan mengkilap juga dianggap dapat meredam amarah.

MAKIN banyak saja penggemar batu mulia nusantara. Bahkan beberapa penggemar rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta hingga miliaran jika menemukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close