Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Trah Sultan HB IX Kumpul, Mau Lengserkan HB X? Ini Jawabannya

Sabtu, 23 Mei 2015 – 06:12 WIB
Trah Sultan HB IX Kumpul, Mau Lengserkan HB X? Ini Jawabannya - JPNN.COM
Dari kiri RM Oggy Santigi, GBPH Hadisuryo, GBRAy Murdokusumo, dan istri RM Oggy Santigi saat menjelaskan kepada wartawan hasil pertemuannya dengan HB X. Foto: Setiaky/Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - JOGJA – Kontroversi sabdaraja dan dawuhraja  yang dikeluarkan Sultan HB X belum berakhir, terutama di internal keraton Ngayogjokarto Hadiningrat .

Putra-putri trah Sultan Hamengku Buwono (HB) IX tidak ingin kontroversi berkepanjangan.  Mengantisipasi itu, mereka bakal mengaktifkan kembali lembaga Dewan Saudara yang pernah dibentuk pascawafatnya HB IX pada 1988 silam

Dewan Saudara segera mengumpulkan semua keturunan HB IX, khususnya putra-putrinya yang masih hidup. Pertemuan Dewan Saudara ini akan dimotori GBPH Hadisuryo, putra HB IX yang lahir dari istri pertama Kanjeng Raden Ayu (KRAy) Pintoko Purnomo.

Sampai sekarang anggota Dewan Saudara ada 11 orang putra berstatus pangeran, ditambah empat putri dengan gelar gusti bendara raden ayu (GBRAy). Dengan demikian ada 15 orang yang terlahir dari empat garwa dalem atau istri HB IX.

“Dewan Saudara itulah yang mengangkat Kangmas Mangkubumi menjadi HB X. Dulu yang menunjuk kami semua dari almarhum HB IX. Jadi HB X itu naik takhta bukan ditunjuk ayah kami,  tapi mendapatkan mandat dari semua saudaranya,” ungkap Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Hadisuryo di kantornya, Tepas Security Keraton Jogja, seperti diberitakan Radar Jogja (Grup JPNN), kemarin.

Mangkubumi adalah nama HB X sebelum naik takhta. Kini nama tersebut disematkan kepada putri sulungnya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun yang sejak 5 Mei 2015 beralih nama menjadi GKR Mangkubumi Hamemayu Hayuning Bawono Langgeng ing Mataram.

Gusti Hadisuryo, demikian dia akrab disapa,  menegaskan, pertemuan Dewan Saudara itu bakal digelar secepatnya. Kemungkinan dilangsungkan akhir pekan ini. Sesuai dengan amanat ayahnya, kedudukan antaranggota Dewan Saudara itu setara.  

Sebagai pemberi dan penerima mandat tak banyak perbedaan. “Hak kami semua sama. Termasuk dengan sultan yang sekarang bertakhta. Itu pesan ayah kami,” tegasnya.

JOGJA – Kontroversi sabdaraja dan dawuhraja  yang dikeluarkan Sultan HB X belum berakhir, terutama di internal keraton Ngayogjokarto Hadiningrat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close