Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gawat! ISIS Menang Lagi, Jemput Tentara dari Rumah-rumah Penduduk...Dor! Dor!

Sabtu, 23 Mei 2015 – 06:34 WIB
Gawat! ISIS Menang Lagi, Jemput Tentara dari Rumah-rumah Penduduk...Dor! Dor! - JPNN.COM
CARI AMAN: Bocah Iraq berlari sambil menangis lewat jembatan Bzebiz ketika pertempuran pecah di Ramadi. Foto: Karim Kadim/AP Photo

jpnn.com - DAMASKUS – Peluang bagi Islamic State (IS) untuk menduduki Iraq dan Syria kian besar. Kamis petang (21/5) mereka kembali mendulang kemenangan yang membuat banyak pihak ketir-ketir.

Militan yang lebih dikenal dengan Islamic State of Iraq dan Syria (ISIS) itu berhasil mengontrol seluruh area perbatasan, mulai Al-Tanaf sampai Al-Walid. Area tersebut merupakan jalan besar yang menghubungkan Baghdad, Iraq, dan Damaskus, Syria.

Dengan dikuasainya area dari Al-Tanaf hingga Al-Walid, berarti pemerintah Iraq dan Syria kini tidak lagi memiliki kontrol apa pun di area perbatasan. Satu-satunya area perbatasan kedua negara yang tidak dikuasai ISIS berada di bagian utara yang kini diduduki penduduk Kurdi.

Kemenangan berturut-turut ISIS itu membuat penghancuran mereka kian sulit. Saat ini ISIS mengontrol lebih dari 95 ribu kilometer persegi wilayah Syria. Area tersebut setara dengan separo dari keseluruhan luas Syria.

ISIS mendominasi Provinsi Deir al-Zour dan Raqqa. Mereka juga menguasai sebagian besar area Hasekeh, Aleppo, Homs, dan Hama. Area-area itu sangat strategis di Syria.

Aktivis HAM Bebars al-Talawy mengungkapkan bahwa Jumat (22/5) tentara ISIS belum menjamah peninggalan bersejarah di kota kuno Palmyra. Namun, ISIS langsung menunjukkan kekejamannya pasca berkuasa. Mereka menyisir Palmyra dan membunuh setidaknya 280 orang tentara dan pasukan pro-pemerintah.

Ketika Palmyra jatuh ke tangan ISIS, seluruh pasukan pemerintah dan tentara yang mendukung bersembunyi dan berbaur dengan penduduk sipil. Namun, ISIS menggunakan pengeras suara dan berkeliling mengancam para penduduk agar tidak menyembunyikan mereka.

’’ISIS menjemput tentara dan pasukan pro-pemerintah dari rumah-rumah mereka, toko-toko, dan tempat persembunyian yang lain. Banyak di antaranya yang ditembak di jalanan,’’ ujar Al-Talawy. Dia menegaskan, sangat mungkin target ISIS selanjutnya adalah pangkalan udara Tayfour di dekat Palmyra.

DAMASKUS – Peluang bagi Islamic State (IS) untuk menduduki Iraq dan Syria kian besar. Kamis petang (21/5) mereka kembali mendulang kemenangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close