Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beras Plastik Hanya Isu? Ini Penjelasannya

Sabtu, 23 Mei 2015 – 07:54 WIB
Beras Plastik Hanya Isu? Ini Penjelasannya - JPNN.COM
Nasi dari beras plastik. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA –  Beberapa analis menyebutkan, peredaran beras plastik itu mungkin adalah isu palsu. Budi Santoso, pengusaha alat-alat pertanian dari Surabaya yang sudah puluhan tahun mengurusi berbagai hal tentang beras (mulai menyelep, mengepak, sampai membuat beras jelek menjadi bagus), termasuk yang meragukan kabar tersebut.

 

Budi mengatakan, banyak hal yang tidak logis mengenai pemberitaan beras plastik. Mulai bahan, pembuatan, hingga pemasarannya dianggap tidak masuk akal. Menurut dia, plastik tidak mungkin bisa dijadikan bahan beras. ’’Saya kira berita ini hanya untuk pengalihan isu,’’ jelas pria pemilik PT Rutan, perusahaan yang berdiri sejak 1942 itu, Jumat (22/5).

Hal tidak logis yang paling dasar, menurut Budi, adalah harga plastik jelas lebih mahal daripada beras. Padahal, beras plastik beredar dengan harga relatif murah. Hanya sekitar Rp 8 ribu per kilogram. Karena itu, tidak mungkin mencampur plastik untuk menghasilkan beras yang lebih murah. Yang seharusnya terjadi adalah beras plastik akan lebih mahal.

Tidak hanya itu, pencampuran antara ubi jalar, kentang, dan plastik tidak mungkin bisa dilakukan. Plastik tidak bisa digunakan sebagai bahan pengikat adonan. Untuk melakukannya, diperlukan bahan gelatin atau gluten dari tepung tapioka sebagai perekat.

Selain itu, sifat plastik tidak larut dalam air. Bahkan, jika dipanaskan, plastik tidak akan meleleh. Sebab, titik leleh plastik rata-rata di atas suhu 100 derajat Celsius, sedangkan titik didih air maksimal hanya 100 derajat Celsius.

Dengan demikian, tidak mungkin beras plastik bisa menjadi bubur ketika dimasak bersama air. ’’Kalau dengan minyak, masih bisa plastik itu meleleh karena bahan dasarnya sama,’’ tuturnya.

Budi menjelaskan, butir-butir putih yang selama ini dikira beras plastik sebenarnya adalah biji plastik. Benda tersebut tidak digunakan untuk bahan makanan.

SURABAYA –  Beberapa analis menyebutkan, peredaran beras plastik itu mungkin adalah isu palsu. Budi Santoso, pengusaha alat-alat pertanian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close