Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ngeri! Dor...Dor...Dor...Imigran yang Banyak Omong Ditembaki Kapten Kapal

Minggu, 24 Mei 2015 – 12:41 WIB
Ngeri! Dor...Dor...Dor...Imigran yang Banyak Omong Ditembaki Kapten Kapal - JPNN.COM
Para pengungsi Rohingya, Myanmar, dan Bangladesh menumpang kapal untuk mencari penghidupan baru di negara lain. Mereka akhirnya terdampar di Aceh, Rabu (20/5). Foto: S. Yulinnas/AP Photo

PARA pengungsi Myanmar dan Bangladesh tidak tahu harus ke mana lagi untuk bertahan. Maka, jadilah mereka manusia perahu yang terombang-ambing gelombang ketidakpastian. Bagi mereka, Hidup seolah hanya menunda kematian.
--------------------
Laporan Aqwam F. Hanifan, Langsa, Aceh
--------------------
SAYIDUL Islam, 17, dan Muhammad Rafiq, 21, adalah remaja etnis Rohingya yang sebelumnya hidup di kamp pengungsi UNHCR di Kutupalong, Bangladesh. Hidup jadi orang miskin yang terasing di negeri orang lain amat menyiksa.

Karena itu, saat agen perdagangan manusia, Nurul Haq, datang menggoda untuk menjadi imigran gelap ke Malaysia, dengan sigap mereka menerima tawaran tersebut, meski harus merogoh kocek 4.000–5.000 ringgit (Rp 14 juta–Rp 18 juta) per orang.

’’Saya dapat uang dengan menjual segala apa yang dimiliki keluarga kami,’’ kata Rafiq menyambut ketika saya temui di tempat penampungan Kuala Langsa, Kota Langsa, Aceh Utara, Jumat (22/5).

Suatu hari pada akhir Januari 2015, pukul tujuh pagi Rafiq dan para pengungsi Rohingya berangkat dengan menggunakan perahu kecil berkapasitas delapan orang dari Kota Chittagong –kota kecil sekitar 242 kilometer dari ibu kota Dhaka– menuju tengah laut.

Butuh waktu empat jam perjalanan sebelum mereka dipindah para smugglers (penyelundup orang, Red) ke boat yang lebih besar dan mampu diisi 25 orang. Perahu sedang itu amatlah sederhana.

Hanya kain terpal yang menjadi tudung pelindung dari sengatan matahari dan hujan. Dengan perahu motor itu, mereka semakin menjauh dari daratan, menuju tengah-tengah Teluk Bengala. ’’Katanya, waktu perjalanan ke Malaysia sehari semalam,’’ lanjutnya.

Siapa sangka, di tengah laut yang mahaluas itu, mengambang perahu besar yang siap membawa imigran ke tanah harapan. Para smugglers memang memaksa para imigran Bangladesh tersebut melakukan transit berkali-kali untuk mencegah penangkapan aparat.

’’Mereka (smugglers) bukan takut ditangkap. Tapi, takut diperas polisi dan tentara di Bangladesh dan Myanmar yang terkenal korup. Lewat radio, kapten kapal beberapa kali kontak dengan tentara Myanmar meminta agar jangan terlalu mahal dalam meminta sogokan,’’ ungkap Rafiq.

PARA pengungsi Myanmar dan Bangladesh tidak tahu harus ke mana lagi untuk bertahan. Maka, jadilah mereka manusia perahu yang terombang-ambing gelombang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close