Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cegah Lonjakan Populasi, Koala di Tanjung Otway Dipasangi Alat Kontrasepsi

Rabu, 27 Mei 2015 – 18:00 WIB
Cegah Lonjakan Populasi, Koala di Tanjung Otway Dipasangi Alat Kontrasepsi - JPNN.COM

Sejumlah koala betina di Tanjung Otway, negara bagian Victoria, akan diberi implan kontrasepsi seiring dengan laporan petugas satwa liar yang menyebut, lonjakan jumlah koala menyebabkan kelaparan di antara populasi hewan tersebut.

Para petugas akan menangkap, menenangkan dan memeriksa kesehatan dari sekitar 100 koala pada minggu ini. Koala yang dianggap terlalu tak sehat akan dilepaskan kembali untuk dibunuh dengan pemberian obat.

Petugas satwa liar mengatakan, lonjakan populasi koala telah mengakibatkan banyak koala mati kelaparan, dan tahun lalu sekitar 700 koala telah mati.

Cegah Lonjakan Populasi, Koala di Tanjung Otway Dipasangi Alat Kontrasepsi
Petugas satwa liar di Tanjung Otway telah membunuh ratusan koala tahun lalu akibat populasi yang berlebihan. (Foto: Mark Le Pla)

Dr Jack Pascoe dari Pusat Ekologi Konservasi mengatakan, koala berada dalam resiko yang besar.

"Ketidakseimbangan dalam ekosistem menyebabkan bencana – koala, walau bukan karena kesalahan mereka sendiri - menggerogoti habitat mereka," ungkapnya.

Ia menambahkan, "Pohon yang seharusnya melakukan regenerasi dan tumbuh daunnya, tak bisa pulih. Bibit tanaman tak muncul dari dalam tanah. Koala kelaparan."

Mandy Watson dari Departemen Lingkungan Hidup, Tanah, Air dan Perencanaan mengatakan, masih ada terlalu banyak koala di Tanjung Otway.

Sejumlah koala betina di Tanjung Otway, negara bagian Victoria, akan diberi implan kontrasepsi seiring dengan laporan petugas satwa liar yang menyebut,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close