Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beras Impor Ilegal asal India Dioplos dengan Lokal, Begini Caranya...

Kamis, 28 Mei 2015 – 03:52 WIB
Beras Impor Ilegal asal India Dioplos dengan Lokal, Begini Caranya... - JPNN.COM

jpnn.com - BATAM - Dugaan temuan beras oplosan antara beras impor asal India bermerek IKR dengan beras lokal yang ditemukan di Pasar Cahaya Garden, Bengkong, Batam, Kepri awal pekan lalu ternyata memiliki mata rantai panjang. 

Pasalnya, Direktur PT Jerbua, Wirianto mengaku beras di gudangnya diperoleh dari salah seorang pengusaha yang berada di kawasan Sengkuang. Belum diketahui, apakah beras impor itu legal mengingat pemerintah memberlakukan penghentian impor beras sejak tahun lalu.

"Beras asal India ini kami dapatkan dari Haji Toyib," kata Wirianto saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPRD Batam dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM serta Dinas Kesehatan Kota Batam di Kantor DPRD Kota Batam, Rabu (27/5).

Namun, Wirianto membantah gudang miliknya itu mengoplos beras. Ia mengaku, saat Komisi II DPRD Batam menyidak beberapa waktu lalu yang menemukan proses pemindahan beras dari satu karung ke karung lainnya, bukan merupakan pengoplosan. Melainkan, kata dia, hanya memindahkan beras dari karung yang rusak dan dimasukkan ke karung baru.

"Tidak ada kami pakai karung lain selain merk IKR, untuk mengganti yang rusak kami memang punya stok," ujarnya.

Sementara temuan lain seperti beras yang berkutu serta temuan adanya beberapa drum formalin, Wirianto menampik. Ia mengatakan, beras yang berkutu itulah yang masuk kategori beras bagus. Sayang, ia tak mau menjelaskan maksud pernyataannya tersebut. 

"Tapi sebelum dimasukkan ke karung, beras berkutu itu kami bersihkan dulu dengan diayak," jelasnya.

Selain adanya dugaan beras oplosan, Komisi II DPRD Batam mendapatkan perusahaan tersebut beroperasi tanpa mengantongi izin. Anggota Komisi II DPRD Batam, Mesrawati Tampubolon mengatakan, dari temuannya itu, ia mencurigai beras yang didatangkan dari India tersebut dimasukkan ke karung yang merupakan beras merk lokal.

BATAM - Dugaan temuan beras oplosan antara beras impor asal India bermerek IKR dengan beras lokal yang ditemukan di Pasar Cahaya Garden, Bengkong,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close