Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Siapkan Rp 2,5 Miliar, Patung Soekarno Menghadap ke Timur

Minggu, 31 Mei 2015 – 04:42 WIB
Siapkan Rp 2,5 Miliar, Patung Soekarno Menghadap ke Timur - JPNN.COM
Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar (tengah) bersama para siswa penerima tablet. Foto: Aris/Jawa Pos

jpnn.com - BLITAR -- Walikota Blitar Samanhudi Anwar menyampaikan rencana pembangunan patung Presiden RI ke-1 Soekarno. Rencana ini disampaikan saat pembukaan seminar kebangsaan dalam memperingati hari lahir Pancasila di rumah dinas Walikota Blitar yang diselenggarakan MPR RI.

Menurut dia pembangun patung tersebut untuk menjadi pengingat sejarah bahwa di kota tersebut Sang Proklamator pernah hidup dan dimakamkan. “Kami akan bangun menghadap timur,” ujarnya di Blitar, Sabtu (30/5).

Patung salah satu pendiri bangsa itu rencananya akan dibangun di pintu masuk Kota Blitar dari arah Malang. Tepatnya, di depan hotel Herlingga Jaya.

Samanhudi menuturkan, patung itu akan dibuat dari perunggu. Proses pembuatannya masih dalam tahap pelelangan. Kesulitannya adalah kecocokan yang pas untuk mengorientasikan wajah Soekarno seperti aslinya ke dalam sebuah patung perunggu. “Sekarang belum ada yang sreg,” sebutnya.

Sementara itu, Samanhudi menginginkan agar patung tersebut menggambarkan Soekarno setelah menjadi panglima besar. Bukan Soekarno muda seperti yang ada di pelataran atau kompleks pemakaman ayah dari Megawati Soekarnoputri itu.

Patung tersebut direncanakan dibangun dengan tinggi 9 meter. Hal itu hasil dari penghitungan tinggi tubuh ‎Soekarno, yakni 170 cm.

Dana dari patung tersebut pun akan menggunakan dana pemerintah daerah senilai Rp 2,5 miliar. "Yang mahal kan seninya. Mudah-mudahan tahun ini selesai,” ujar Samanhudi. (Desyinta Nur'Aini/dio)

 

BLITAR -- Walikota Blitar Samanhudi Anwar menyampaikan rencana pembangunan patung Presiden RI ke-1 Soekarno. Rencana ini disampaikan saat pembukaan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close