Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Trik Memasak Nasi yang Bisa Menurunkan Kalori

Senin, 01 Juni 2015 – 09:31 WIB
Trik Memasak Nasi yang Bisa Menurunkan Kalori - JPNN.COM

jpnn.com - LONDON- Sebuah studi baru dari Sekolah Tinggi Ilmu Kimia di Kolombo, Sri Lanka menemukan, memasak nasi dengan cara tertentu bisa meningkatkan kadar pati resisten, menurunkan jumlah kalori dan bisa mengurangi kenaikan berat badan.

"Proses memasak bisa memangkas jumlah kalori dalam nasi menjadi sekitar 50-60 persen," kata penulis studi Sudhair A. James seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (31/5).

Satu cangkir beras putih butir menengah mengandung 246 kalori. Nah, dengan metode memasak yang baru in, jumlah kalori dalam beras bisa dipangkas menjadi 147 kalori per cangkir.

Metode ini bekerja dengan mengubah pati yang kemudian dicerna di dalam beras. Hal itu mencegah beras dimetabolisme menjadi glukosa dan diserap ke dalam aliran darah selama proses pencernaan.

"Setelah tubuh Anda mengubah karbohidrat menjadi glukosa, maka setiap bahan bakar sisa akan diubah menjadi karbohidrat polisakarida yang disebut glikogen. Hati dan otot menyimpan glikogen untuk energi dan dengan cepat mengubahnya kembali menjadi glukosa yang diperlukan,” tambah James.

Untuk membuat nasi rendah kalori, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air mendidih bersama setengah cangkir beras. Aduk dan didihkan selama 20-40 menit atau sampai beras sepenuhnya matang.

Tempatkan nasi tersebut di lemari es selama 12 jam dan....voila. Anda akan memiliki nasi yang mengandung 10 kali pati resisten dan mengandung kalori 60 persen lebih sedikit. (fny/jpnn)

 

LONDON- Sebuah studi baru dari Sekolah Tinggi Ilmu Kimia di Kolombo, Sri Lanka menemukan, memasak nasi dengan cara tertentu bisa meningkatkan kadar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close