Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UN Ditiadakan, Pengamat Ragukan Kemampuan Guru Menilai‎ Siswa

Jumat, 25 November 2016 – 00:42 WIB
UN Ditiadakan, Pengamat Ragukan Kemampuan Guru Menilai‎ Siswa - JPNN.COM
Siswa mengerjakan soal UN. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--‎Praktisi pendidikan abad 21 Indra Charismiadji mewanti-wanti pemerintah mengenai dampak kebijakan moratorium ujian nasional (UN).

Meski setuju bila UN dihentikan atau bahkan dihapuskan, tapi masih ada ganjalan di hati Indra yaitu soal kemampuan guru-guru.

"Moratorium UN boleh-boleh saja, tapi jangan sampai pengembangan pendidikan di Indonesia terhenti. Di sini guru yang jadi ujung tombaknya," kata Indra saat dihubungi, Kamis (24/11).

Diakuinya hal ini memang berat‎, karena dari hasil uji kompetensi guru (UKG), nilainya jeblok.

Bila UKG rendah, bagaimana para guru ini bisa menilai siswanya kalau mereka sendiri tidak menguasai materi.

‎"Kalau UN dimoratorium, kontrol kualitas guru harus lebih ketat. Selain itu program peningkatan kualitas pendidikan (siswa dan guru) harus ditambah, kalau tidak pasti akan menurun," ujarnya.

Dia menyarankan pemerintah membuat program-program pendidikan baru sesuai dengan perkembangan zaman.‎ Dengan dihapuskannya UN, otomatis programnya berkurang.

Bila tidak ada program-program baru yang produktif atau sekadar copy paste, kualitas pendidikan di Indonesia bakal turun. (esy/jpnn)

JAKARTA--‎Praktisi pendidikan abad 21 Indra Charismiadji mewanti-wanti pemerintah mengenai dampak kebijakan moratorium ujian nasional (UN). Meski

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close