RPA di Tangerang, Penampung Bayi Hasil Hubungan Gelap TKI Gillian Berdarah Syria, Najla Bibit Bangladesh

Rabu, 28 April 2010 , 08:12:00
LUCU- Anak-anak TKI yang masih lucu-lucu yang ditampung di RPA Tangerang. Foto: Zulham Mubarak/Jawa Pos
BERANGKAT dari keprihatinan atas nasib tenaga kerja Indonesia (TKI), tahun lalu Yudhi Ramdani memelopori berdirinya Rumah Penitipan Anak (RPA) TKI. Kini tempat itu menampung bayi-bayi hasil hubungan gelap atau perkosaan para buruh migran.
 
ZULHAM MUBARAK, Jakarta

GILLIAN Rashed tersenyum lebar. Sambil tengkurap, sesekali bayi berusia tujuh bulan itu menggerak-gerakkan tangan dan kaki, seakan sedang belajar berenang. Kulit Gillian putih mulus, mata bulat, dan hidung mancung khas Timur Tengah.

Cakep dan lucu. Siapa sangka bayi yang akrab dipanggil Gilang itu ternyata tidak dikehendaki ibunya, seorang TKI di Qatar. Ketika mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sepulang dari Qatar, sang ibu langsung menitipkan Gilang ke RPA TKI secara diam-diam. "Sudah hampir dua bulan Gilang di sini, sudah seperti anak saya sendiri," kata Yudhi sambil merengkuh dan menciumi bayi itu.

Gilang adalah salah satu penghuni RPA TKI. Dia di situ bersama tiga bayi lain. Mereka adalah Najla Nurfatilah Sohar, 14 bulan; Rizki Ardiansyah, 13 bulan; dan Sanah, 24 hari.

Sejak berdiri pada Februari 2009, RPA TKI "lembaga independen" telah menyelamatkan sepuluh bayi. Selain empat yang masih di penampungan, dua bayi telah diadopsi orang tua asuh, dan empat lainnya diambil kembali oleh ibunya.

Semua bayi penghuni RPA merupakan anak hasil hubungan gelap atau buah perkosaan ibunya di luar negeri. Ibu bayi-bayi tak berdosa yang bekerja sebagai pendulang devisa itu kadang terlalu malu membawa pulang bayinya. Karena itu, tak sedikit tenaga kerja wanita (TKW) yang lebih memilih menelantarkan atau membuang bayi-bayi itu di toilet sesaat setelah mendarat di terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta. "(Kejadian) itu sebelum RPA TKI berdiri," kata Yudhi.

RPA TKI terletak di perkampungan padat penduduk di belakang kompleks Bandara Soekarno-Hatta. Karena biaya terbatas, pria 29 tahun itu hanya mampu menyewa sebuah rumah di gang sempit berjarak sekitar 500 meter dari runway Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. Tentu saja suara bising pesawat selalu terdengar hampir setiap menit.

Bayi-bayi penghuni RPA tersebut, papar alumnus IAIN Serang itu, punya kisah pilu. "Kisah Gilang paling menyentuh," katanya. Ibu Gilang "sebut saja namanya Lily" semula bekerja sebagai pembantu di peternakan onta di Qatar. Pekerjaan keras dan kerap berhari-hari di padang pasir menggembala ratusan onta membuat Lily tidak betah. Meski tak memegang secuil dokumen, dia nekat melarikan diri dari majikan.

Dalam pelariannya, Lily ditolong seorang pekerja asing asal Syria bernama Aziz. Setelah beberapa lama tinggal bersama, timbullah rasa suka sama suka dan terjadilah hubungan gelap. Namun, malang bagi Lily, dia tertangkap petugas imigrasi dan ditahan hampir 14 bulan di penjara. "Ketika berada di penjara, dia (Lily, Red) baru sadar telah hamil," papar Yudhi.

Gilang lahir di balik jeruji besi tanpa setahu ayah kandungnya. Bayi berkulit putih itu dibawa pulang ke Indonesia dalam usia empat bulan. Aziz juga tak pernah tahu bahwa dia sebetulnya telah menjadi ayah.

Ketika mendarat di Indonesia, Lily tak berani membawa Gilang ke kampung halamannya, Sukabumi. Sebab, dia punya suami dan tiga anak. Gilang nyaris ditelantarkan di bandara sebelum diselamatkan Yudhi dan dibawa ke RPA pada 24 Februari lalu. "Sampai sekarang suami TKI itu juga belum tahu bahwa istrinya punya anak hasil hubungan gelap ini," katanya.

Bapak satu anak itu beberapa kali membawa Gilang menemui ibunya secara diam-diam, sekadar melepas kangen. Namun, keberadaannya tetap dirahasiakan dari keluarga besarnya di Sukabumi.

Sesuai standar ketentuan RPA TKI, kata Yudhi, pihaknya memberikan waktu enam bulan bagi TKI itu untuk menjelaskan "kondisi" itu kepada keluarga. RPA juga siap mendampingi dalam proses mengungkapkan keberadaan si "anak haram" itu kepada keluarga TKI. "Setelah itu baru diberi opsi apakah anak ini mau dibawa kembali atau dititipkan di sini," kata Yudhi.

Cerita tak kalah pilu juga dialami bayi Najla Nurfatilah. Bayi perempuan itu sengaja dititipkan di RPA karena ibunya tidak ingin trauma masa lalunya muncul kembali. Sang ibu, sebut saja bernama Rahma, adalah TKI korban perkosaan ketika bekerja di Riyadh, Arab Saudi.

Rahma menandatangani kontrak sebagai pembantu rumah tangga selama dua tahun. Namun, setelah beberapa bulan bekerja tanpa digaji, dia memutuskan lari.
Dasar nasib. Sudah jatuh tertimpa tangga berat. Perempuan asal Jepara itu lari menggunakan taksi sewaan. Eh, si pengemudi taksi asal Bangladesh justru membawa Rahma ke sebuah rumah kosong. Dia dipaksa melayani nafsu bejat sopir itu. Bahkan, sopir berkulit gelap itu mengajak seorang temannya memperkosa Rahma. Dua hari dua malam Rahma disekap dan melayani nafsu bejat dua pekerja asing asal Bangladesh.

"Setelah puas dengan Rahma, kedua laki-laki itu menyerahkan dia (Rahma, Red) ke polisi Arab Saudi. Dalam dinginnya penjara, lahirlah Najla yang kemudian ikut dideportasi bersama Rahma kembali ke Indonesia," tutur Yudhi.

Di tanah air, Najla yang berdarah Bangladesh-Indonesia itu dibawa pulang ke Jepara. Namun, suaminya menolak mentah-mentah kedatangan Rahma dan Najla. Dalam kondisi panik, Rahma kembali lagi ke terminal 4 di Jakarta dan meminta bantuan Yudhi. "Tak terasa sekarang hampir 14 bulan dia dirawat di sini," kata pria berkacamata itu dengan mata berkaca-kaca.

Alumnus Ponpes Walisongo, Ponorogo, itu mengatakan, RPA TKI didirikan atas berbagai faktor. Antara lain, didasari niat menyelamatkan bayi-bayi TKI dari tangan para penjual bayi. Motif lain, kata pria bertitel sarjana hukum itu, adalah niat menegakkan akidah Islam. Yakni, menjaga agar bayi-bayi yang lahir dari orang tua muslim itu tidak berpindah agama.

Setidaknya, itulah yang diamanatkan Kepala BNP2 (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan) TKI Mohammad Jumhur Hidayat, ketika bersedia menjadi donor tunggal bagi lembaga nonprofit itu. "Sebab, dalam undang-undang hak asuh anak, tidak harus jatuh pada orang tua angkat yang seagama," katanya.

Lembaga penitipan anak di rumah kontrakan itu memang tidak memungut biaya apa pun dari para TKI yang menitipkan bayinya. Semula shelter itu direncanakan memelihara bayi-bayi tersebut maksimal enam bulan.

Namun, dalam praktiknya, banyak orang tua bayi itu yang menandatangani surat penyerahan anaknya. Bukannya berencana mengambil kembali anaknya. Karena itu, RPA TKI, dengan seizin Depsos, membuka peluang bagi para dermawan yang ingin mengambil anak angkat anak-anak para TKI itu.

Sayang, hal itu kerap disalahgunakan orang lain. Tak sedikit orang berduit yang datang ke RPA dan ingin membeli bayi itu bagaikan membeli kambing saja. Salah satunya bayi Aurora yang kini telah diadopsi orang tua asuh.

Aurora ditelantarkan orang tuanya, TKI asal Lombok, dibungkus selimut kumal di sudut terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta. Petugas BNP2 TKI gagal menemukan alamat asli perempuan tersebut. Sebab, ternyata TKI itu menggunakan alamat fiktif.

Ketika masih dirawat di RPA, beberapa orang datang dan menawarinya cek agar dia memproses surat adopsi Aurora. Tawaran terbesar senilai Rp 20 juta. Namun, dia mengaku tidak tergoda iming-iming itu. Karena itu, untuk menjaga keamanan RPA, dia mempekerjakan tenaga keamanan. "Memang operasional RPA ini kerap terkendala dana. Tapi, saya lebih baik utang bank daripada menjual bayi," tegasnya.

Lebih lanjut Yudhi memaparkan, biaya operasional RPA rata-rata Rp 10 juta per bulan. Biaya itu antara lain untuk honor dua babysitter dan dua tenaga keamanan. Pengeluaran paling besar untuk membeli susu dan popok bayi.

Dana tersebut umumnya diperoleh dari para dermawan. Namun, donator tetapnya, ya Jumhur Hidayat dan Yayasan Puri Cikeas. "Kami juga dibantu Dinsos Tangerang," kata Yudhi.

Dia mengakui memasang standar tinggi bagi calon orang tua asuh. Misalnya, dia benar-benar memastikan bahwa calon orang tua asuh tersebut beragama Islam seperti agama orang tua si bayi. Selain itu, calon orang tua angkat harus mampu secara finansial menghidupi anak angkatnya.

Bagaimana jika tidak ada yang mengadopsi bayi-bayi tersebut" Yudhi tidak khawatir. Dia siap secara mental dan spiritual untuk membesarkan mereka. "Selama saya masih bernyawa, saya akan menghidupi mereka dengan cara apa pun, bahkan sampai mereka lulus SMA dan mampu hidup mandiri," ujarnya. "Mereka adalah anak-anak bangsa yang harus dilindungi dengan sepenuh hati dan saya siap melakukannya," katanya. (*/c2/cfu)

Komentar (98)
Mina hanjani 28.04.2016 | 14:24 WIB
Saya mau cari bayi perempuan untuk diadopsi dengan serius.bagaimna caranya? Dan apakah RPA ini bisa untuk adopsi.mohon informasinya
kartika 27.04.2016 | 21:16 WIB
Ass..sy sudah 5th menikah dan belum dikaruniai anak..sy berniat ingin adopsi bayi baru lahir syaratnya apa aja..trims
puji 22.04.2016 | 18:05 WIB
Saya mau adopsi bayi perempuan bagaimana caranya.....karena sy tinggal dikalinantan sudah menikah 6 tahun belum mendapatkan keturunan.trimakasih.
rachmawati 06.04.2016 | 12:43 WIB
Sy ingin mnegadopsi bayi gmn caranya pak,,, sy Tinggal d kalimantan timur sdh 5thn menikah tp blm ada keturunan... Sy mohon agar sy bisa ngadopsi bayi tersebut. Terimakasih.
Riya 27.03.2016 | 19:04 WIB
Assalamualaikum ,, Pak . Sya ingin adopsi bayi perempuan , tapi yang baru lahir .
saya berdomisili ampana , sulawesi tengah . kab tojo una una . apa bisa pak ..
Kia 22.03.2016 | 21:37 WIB
Ada yg mau adopt bayi lahir akhir apr? Keturunan chinese, cowo
Silakan cantumkan no tlp
lina 20.03.2016 | 07:58 WIB
Utk sdri Lia Oktavianti...saya serius mau adop...tlg hubungi saya segera ...
lia oktavianti 17.03.2016 | 23:47 WIB
Ada yang mau adopsi calon debay nya cowok.. Prkiraan lahir akhir blan april..
Ira yuristiani 17.03.2016 | 21:12 WIB
Sy ingin mengadopsi anak,krn kami ada mslh kesulitan utk mempunyai anak kandung,kami ingin adopsi anak yg berketurunan china,mohon no telp yg bs kami hubungi,trmksh
Ira yuristiani 17.03.2016 | 21:04 WIB
Sy ingin mengadopsi anak,mohon diberikan no kontak yg bs sy hubungi atau alamat yg bs sy datangi,trmksh
Oby_fitenze 16.03.2016 | 23:08 WIB
Saya mau adopsi anak tersebut..
Gimana mana cara dan syarat nya
Mohon bantuannya
eka wahyudi 16.03.2016 | 09:57 WIB
Permisi, saya ingin sekali adopsi anak bayi, entah dlam kandungan atau yg baru lahir, saya mnikah udah 2 tahun dan ingin segera memiliki bayi, mohon infonya
syarul 15.03.2016 | 01:35 WIB
Apa da yg mau adopsi yg masih dlm kandungan usia kandungan sudah tujuh bulan
reupy aryani paran 13.03.2016 | 07:24 WIB
Mohon info saya ingin adopsi anak
m nasirudin 08.03.2016 | 12:44 WIB
sy blh minta nmr pa yudi dan gmn caranya supaya sy bs adopsi anak sy udh 5 thn nikah blm di karuniai anak
susi andriana 05.03.2016 | 09:42 WIB
Ass pak boleh saya minta no hp bapak. Kami ingin adopsi anak. Sdh 19 thn menikah,
ary 29.02.2016 | 18:42 WIB
assalamualaikum...boleh minta no hp bapak & almt lengkap saya mau minta bantuan untuk adopsi anak usia 15 tahun ke atas
Endang 19.02.2016 | 07:13 WIB
Assalamualaikum pak yudi sy mohon info,ya untuk adopsi anak sy pssangan menikah 15 th blom dikaruniai anak sy minta batuan dr bpk sy berdomisili di tangerang sy jg minta alamat lengkap bpk trima kadih srbelum.ya
Lily Seyeni 16.02.2016 | 18:39 WIB
Dear pak yudhi boleh minta alamat lengkap n contact person nya sya ingin adopsi anak tks
Dian suprapto 11.02.2016 | 07:11 WIB
Pak yudi saya mau adopsi anak laki keturunan arab gmna caranya apa saratnya tks.
ubiet cuhilla 29.01.2016 | 17:06 WIB
mohon info persaratan untuk adopsi....saya pasangan menikah 6 th belum di karuniai anak bedomisili di jogja..


mohon info nya
kiky hartono 23.01.2016 | 09:39 WIB
Pak,,apkh RPA mbdpt izin untuk menyelenggarakan adopsi?mhn infonya,,trmksh
hendri 09.01.2016 | 23:36 WIB
assalamualaikum. bolehkah bila saya ingin berkunjung.. hanya sekedar untuk berbagi walau tak seberapa...
Vivi kisandra 12.10.2015 | 19:21 WIB
Malam pak, saya vivi ingin adopsi bayi atau balita perempuan keturunan arab atau bule,kalau ada silahkan hubungi saya pak 081265686249,trima ksh pak
Tamina Sembiring 12.10.2015 | 15:44 WIB
Selamat sore pak Yudhi. Saya sudah menikah 10 tahun, tapi blm dapat keturunan. Saya mau adopsi dari yayasan bapak apa saja persyaratannya. Saya mau bayi yg baru lahir, kalau bisa perempuan. Mohon infonya. Terima kasih
Minu 11.10.2015 | 23:48 WIB
Kami keturunan india lahir di jkt, wni, ingin adopsi anak perempuan bule atau arab , harap bisa di bantu, 08129001919
dhia 22.09.2015 | 16:07 WIB
assalamualaikum wr.wb mohon saya minta no telp atau email bapak yudhi agar sekira nya ada hal yang ingin saya tanyakan..terimakasih
ghozali 20.09.2015 | 10:06 WIB
assalamualaikum wr.wb. maaf sebelum nya... mohon info nya untuk adopsi bayi... saya sudah berkeluarga selama 3 tahun... tapi mengingat umur istri saya yg sudah berumur hampir 40 tahun jadi kita ber dua berniat mengadopsi anak... karena menurut sayabsama saya adopsi anak atau anak kandung. tergantung bagaimana kita membekali dan mendidik mereka.. kalau bisa yang sedikit arab. karena istri saya keturunan arab... mohon infonya ..terima kasih.
Indrawati 15.09.2015 | 18:55 WIB
Malam pak, Mohon maaf sebelumnya mau minta tolong tanya apa boleh anak tersebut di adopsi dan prosedur(syaratnya ) nya apa ya? terimakasih
mulyadi 15.09.2015 | 11:28 WIB
Mohon maaf pak sebelumya.saya udah 7tahun berumah tangga.namun..sampe skrng blm d karuniai anak..klo sekiranya di kasih izin dan di kenankan saya ingin sekali mengdopsi anak dari situ.insya alloh bila mana alloh menggabulkan..saya akan meyayanginya sebagai mestinya kasih sayang kepada anak tampa ad perbedan sebagai mestinya
nita luxmini 13.09.2015 | 11:07 WIB
Saya mau adopsi anak yang umur 0-5 bulan karena saya mau mengurusnya dr anak masih bayi,, cara nya gimana ya. Tolong di info, ini no tlp saya 081519486791,. Terima kasih
mardiana 29.08.2015 | 00:45 WIB
saya pengen adopsi anak pak saya sudah 6 thn menikah pengen punya anak cewq yg cantq pak usianya 0-6 bln di tunggu infonya yah pak
mardiana 29.08.2015 | 00:40 WIB
saya pengen adipsi anak perempuan usia .0 -6 bulan bayi perempuan yg cantq pak ..saya sudah menikah 6 tahun belum di karuniai anak ...hub saya pak di email saya yah..tq
santi octavia 01.08.2015 | 16:23 WIB
Assalamualaikum pak..saya nikah sudah 10 thn dan blm di karuniai anak..saya ingin adopsi bayi baru lahir..mohon infonya pak..terima kasih
Mey 29.07.2015 | 08:44 WIB
Pak, saya berniat untuk mengadopsi anak perempuan kalau bisa yang keturunan chinese antara 1-6 bulan, mohon diberikan kabar pak. terima kasih.
fera 23.07.2015 | 22:00 WIB
Pak sy sudah menikah 6 thn belum punya anak bisa kah sy dpt kan seorg anak perempuan dr tempat bpk klu bisa anak keturunan cina. Umur 1-6 bln sy mohon pak.berikan kabar terima kasih
Muhammad Jurjani 19.07.2015 | 23:35 WIB
Pengen adopsi juga nech... dah 5 tahun menikah masih belum di karuniai anak
yudi.bachtiar 17.07.2015 | 15:04 WIB
Klau saya ingin adopsi bayi disitu isa gak?saya ingin mengadopsi bayi saya dah 9 th gak pny anak.tks
widya 26.06.2015 | 09:38 WIB
Assalamu'alaikum Pak Yudi, saya & suamiberniat untuk mengadopsi baby cewek/cowok baru lahir atau di bawah umur 1 tahun. Kalau berkenan saya minta alamat atau no telephon yang bisa di hubungi , sebelumnya terima kasih atas waktunya. jika berkenan bpk bisa tlpn saya ke 087774585008
yadi mulyadi 23.06.2015 | 15:06 WIB
Ass Pak Yudi, saya & istri berniat untuk mengadopsi baby cewek/cowok di bawah umur 1 tahun. Kalau berkenan saya minta alamat atau no telephon yang bisa di hubungi , sebelumnya terima kasih atas waktunya. atw kalw berkenan bpk bisa tlpn saya ke 087773387333
Siti azhara 21.06.2015 | 21:47 WIB
Adopsi jambi
dyah 21.06.2015 | 19:52 WIB
Boleh info alamat dan no.telpon.. syarat2 adopsi dan biaya.. domisili sy ditangerang..
husna 22.05.2015 | 12:06 WIB
pak, sy sminggu brusaha utk cari info adopsi baby cewek. kmna gak sy tempuh, tp blm rizki.. jika bpk berkenan, izinkn sy memiliki buah hati..
Fini 21.05.2015 | 21:44 WIB
Ass Pak Yudi, saya berniat untuk mengadopsi baby cewek/cowok di bawah umur 1 tahun. Kalau berkanan saya minta alamat atau no telephon yang bisa di hubungi , sebelumnya terima kasih atas waktunya.
Fini 21.05.2015 | 21:41 WIB
Ass Pak Yudi, saya berniat untuk mengadopsi baby cewek/cowok dibawah 1 tahun. Kalau berkenan saya minta alamat atau no telephon yang bisa dihubungi , sebelumnya terima kasih atas waktunya.
anisah 15.05.2015 | 21:46 WIB
Sy anisah mau tanya bgaimna syarat & cra' y mengadopsi ank keturunan arab cwe trus ada biaya brp?..
elisa 07.05.2015 | 15:22 WIB
Ass pak yudhi...blh kah saya minta alamat lengkap dan no hp yg bisa dihubungi...karna saya pengen sekali adopsi anak..
efine 09.04.2015 | 13:01 WIB
Slmt siang yudi , sy sudah 11 tahun menikah ,saya dan suami berniat utk mengadopsi baby cewek/cowok .Kalau berkanan sy minta alamat atau no tlp yang bisa di hub , sebelumnya terima kasih atas waktunya
yuyun 29.03.2015 | 14:45 WIB
Assalamualaikum pak yudi..... sya sdh menikah 7thn tp blm d karunia anak. Saya berniat ingun mengadopsi bayi perempuan sehat. kalo boleh saya ingin tau alamatnya dmana biar sya bsa lihat langsu g. Trmksh....
sukma 13.03.2015 | 15:19 WIB
assalamualaikum
masa apa bs saya adopsi salah satu byi perempuan saya bukan sindikat sy hnya irt biasa dg 1 putra ingin nmbh momongan cm ada mslh dg kshtn jd saya pgn adopsi
wulan 23.02.2015 | 14:53 WIB
Sudah6 thn sya Dan suami menikah,,,,,Dan saya ber asal dari desa do Timur kota ponorogo,,,,, sya in gin Dan berharap sekali mempuyai momongan,
susilowati 31.01.2015 | 11:14 WIB
Mohon di info kan alamat Dan no tlp panti asuhan rpatki
Terimakasih
sitii butarbutar 30.12.2014 | 13:59 WIB
Gimana caranya mengadopsi bayi dari yayasan yg Bpk kelola? saya mau adopsi pak (bls)
sitii butarbutar 30.12.2014 | 13:59 WIB
Gimana caranya mengadopsi bayi dari yayasan yg Bpk kelola? saya mau adopsi pak (bls)
Niputu nitiasih 04.12.2014 | 09:12 WIB
Maaf ,saya sudah menikah 5thn ,saya belum mempunyai anak,apa ada bayi perempuan yng bisa saya adopsi disini?trimakasih,mohon infonya
Elvia 30.11.2014 | 17:08 WIB
Adakah anak yang bisa saya adopsi, mohon infonya.
zaenudin/muniah 27.11.2014 | 01:53 WIB
ass.....mas yudi sy ingin mta tolong.saya sudah berrumah tagga 5thn.tapi belum di karuniai anak.karna istri saya sudah di vonis mandul.
metalia 18.09.2014 | 15:27 WIB
Pak, saya mau dateng ke tempat RPA TKI ? Alamat lengkapnya di mana ya pak..........Thx
dwie 04.09.2014 | 10:12 WIB
mohon informasi alamat lengkap RPA TKI di tangerang
nur 08.08.2014 | 22:02 WIB
Kalo boleh saya pengen banget adopsi dede bayi'nya pak yudhi,sudah 2 thn belom juga di karuniai anak,. Minta alamat lengkapnya pak yudhi?
Hadiyana 19.07.2014 | 03:02 WIB
Saya ibu diana kepengen adopsi anak perempuan,karna sudah 11 tahun belum juga di
Hadiyana 19.07.2014 | 03:02 WIB
Saya ibu diana kepengen adopsi anak perempuan,karna sudah 11 tahun belum juga di
vindi 27.06.2014 | 14:24 WIB
saya mau mengapdopsi anak perempuan
laily zurriatina 20.06.2014 | 09:41 WIB
ass wr wb bisa minta tolong alamat RPA dan no tlp pak yudhi ,makasih
lina 16.05.2014 | 00:06 WIB
ass....bisa minta tolong alamat RPA dan no telp Pa yudhi ramdani karena saya ingin lgsg ketempat dan ketemu bapak,tks.
devandika 07.05.2014 | 11:12 WIB
Assalamualaikum,
Bolehkah berbagi info alamat RPA tersebut dan No. Telpon Bpk. Yudhi Ramdani. Terimakasih, Wassalamualaikum
cindra 28.04.2014 | 18:03 WIB
Ass..slmat mlm..saya cindra..
Ingin mengadopsi bayi perempuan usia 0-1 bulan
Krn sya sngat miris melihat mrk yg dterlantrkan orangtua nya..
InsyaAllh akn saya jaga sprt Ank sendiri
cindra 28.04.2014 | 18:00 WIB
Ass..selamat malam..saya cindra..ingin skali mngadopsi bayi perempuan usia 0-1 bln ..ap bs? Drpd di terlantarkn orgtua kandung nya ,InsyaAllh sya akn mnjga sprt ank sya ndri..
nining 23.04.2014 | 14:08 WIB
Assalamualaikum,saya dari kalideres sangat2 ingin mengadopsi anak leleki dibawah Umr 1th dr tmpt bpk mohon infoy kra kami belum jg dpt keturunnan
NUR HALIS GINTING 19.04.2014 | 17:39 WIB
Assalamu Alaikum. Maf sebelumya apa bisa saya mengadopsi anak tki yg ada di penampungan? saya udah menikah 5thn tp blm ada keturunan.Trima kasih
Anie Inayah 07.04.2014 | 09:06 WIB
Subhanallah,,, Terharu Bangeeeettt, Sungguh berhati mulia, Semoga Allah SWT Senantiasa Melindungi di setiap langkah baik nya.

Bolekah Berbagi info alamat lengkap RPA disana, insyaAllah, pulng nanti ke tana air ingin singgah....
Dikranaouhi felcia mabel 29.03.2014 | 12:20 WIB
Sy dr tangerang, sy sdng mencari baby wt sy adopsi, usia 0_2bln, ap bisa sy adopsi d sni? Persyaratanx ap sj? Terima kasih
pati hariyose 17.03.2014 | 12:41 WIB
Seandainya saya ingin mengadopsi salah satu anak bisa gak? Gimana prosedurnya, mohon ditanggapi.. Terimakasih
Tubagus Hermawan 04.03.2014 | 08:49 WIB
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Saya
Tubagus Hermawan 04.03.2014 | 08:31 WIB
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya
adhiarini 26.02.2014 | 15:43 WIB
assalamualaikum, sboleh kami minta alamat lengkap nya pak? terima kasih
Adriansyah Bangun 24.01.2014 | 18:50 WIB
assalamualiakum
boleh tau minta alamat lengkap dan contact person nya untuk pengelola RPA ini?
dan syarat2 adopsi TKI gmn ?
suharno 20.01.2014 | 21:57 WIB
subhanalloh sungguh mulia hati bapak
ali sutopo 31.12.2013 | 08:23 WIB
ass mas yudhi saya ali, tinggal di tangerang sudah menikah 5 tahun indin mengadopsi anak, mohon alamat dan no tlpnya.
ali sutopo 31.12.2013 | 08:23 WIB
ass mas yudhi saya ali, tinggal di tangerang sudah menikah 5 tahun indin mengadopsi anak, mohon alamat dan no tlpnya.
Alita 18.12.2013 | 17:27 WIB
Subhanalloh mudah2an bpak yudhi di limpahkn rizki amieen,,,pak sya juga pgen adopsi bayi sya sdah 3thun mnikah lm di krunian anak saya mhon bgt pak
dede 17.12.2013 | 23:14 WIB
maaf pa mengganggu saya umur 24 tahun kira kira kalau mau adopsi/merawat bayi yg anak yatim apakah ada yg masih bayi pa dan selanjutnya apakah ada persyaratan dan pembayaran pa trima kasih
joana balfas 25.11.2013 | 11:32 WIB
ass.....pk.yudi saya kepingin tau alamat pasti dan tepat nya tanggerang nya dmn?saya ingin melihat langsung ke tempat RPA Tanggerang terimakasih
evi 11.11.2013 | 08:58 WIB
ass...mas yudhi bs tlg diberi tahu bagaimn cara prosedurny utk adopsi bayi di RPA tempat mas yudhi,mas bs ndak ksh tau dmn almtnya.
camelia 25.09.2013 | 23:47 WIB
assalamualaikum wr,wb tolong alamat lengkapnya dong.. tks.
friskha 16.09.2013 | 15:45 WIB
Assalamualaikum mas yudhi, bs tlg diberi tahu bagaimana cara prosedur utk mengadopsi bayi di RPA, saya ingin sekali mengadopsi bayi perempuan.
yuni 20.08.2013 | 22:36 WIB
gimana caranya mengadopsi anak2 itu ?
serlina handayani 20.08.2013 | 20:07 WIB
Asalamualaikuum. Saya sudah menikah 7 tahun tapi belum dikaruniai seorang anak. Bisa tolong minta alamat lengkapnya pa?
Yunianto 18.08.2013 | 09:52 WIB
Aku yakin bhwasa'nya smua yang t'lhr di dunia ni dlm keadaan fitrah/suci,tk t'kcuali anak2 ni,mrka b'hak mndpt pghdpn yang layak dari s'sama 'nya,ign rasa'nya bs m'bntu mengentaskn mrka,mnjdikn mrka pribadi yang baik,b'guna bwt ortu,kluarga,agama 'n negara ni
Yunianto 18.08.2013 | 09:45 WIB
ªÑu yakin bhwasa'лyÎ&pl usmn; smua Ƴª&Ici rc;®Æ t'lhr ÏÄ« dunia ni dlm keadaan fitrah/suci,tk t'kcuali anak2 ni,mrka b'hak mndpt pghdpn Ƴª&Ici rc;®Æ layak ÏÎ±Ò Î¹ s'ÅαР¼Î± 'лyα, ign rasa'лyÎ&plus mn; bs m'bntu mengentaskn mrka,mnjdikn mrka pribadi Ƴª&Ici rc;®Æ baik,b'guna bwr ortu,kluarga,agama 'n negara ni
devie 18.08.2013 | 08:06 WIB
Assalamualaikum...saya ingin mengadopsi anak..bs minta alamat jelasnya??..sy tinggal di poris tangerang.sy berharap informasinya..terima kasih...
sinta 15.08.2013 | 16:07 WIB
Km sdh menikah 5th tp blm pnya momongan.ingin sekali mengadopsi anak RPA krn Allah SWT.mohon infonya. Trimakasih
nani roch 26.06.2013 | 12:04 WIB
bwt mbak tyn,di kota s,jga ksehatn dan khmilnny,smoga Allah mmberkhi dan merdloi.amiiin
ladi diana 11.06.2013 | 12:30 WIB
saya seorang guru di kota jambi, sudah menikah dan belum dikaruniai anak,saya dan suami sangat berkeinginan untuk adopsi seorang bayi
bisakah?
Ali Muntaco 03.06.2013 | 18:07 WIB
Assalamu'alaikum...boleh saya mendapatkan informasi mengenai alamat RPA TKI atau contact numbernya? Sebelumnya saya ucapkan terima-kasih banyak.

Wassalam,
Ali M
Yeni Ardiyanti Effendi, SE 28.02.2013 | 09:33 WIB
Kalau janda boleh tidak adopsi,saya pegawai PEMDA Kota Cirebon
sania 22.02.2013 | 01:29 WIB
terlahir dari orang tua muslim tp orang tua yang tidak ber ETIKA!
masalah agama ga penting,,yang penting adalah bayi2 itu diasuh dengan benar!
neng 16.01.2013 | 11:58 WIB
Saya ingin sekali mengadopsi bayi bule,saya sudah hampir 3 tahun menikah belum mempunyai anak kira kira syarat nya seperti apa yah untuk adopsi anak terimakasih