Berita Daerah

Tabrak Sapi, Petinggi PKB Tewas

Minggu, 31 Juli 2011 , 13:40:00

MUKOMUKO - Masih banyaknya sapi berkeliaran di Kota Mukomuko, menelan korban jiwa pengendara sepeda motor. Adalah Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mukomuko Ari Wibowo (70), tak terselamatkan setelah motor Honda Supra yang dikendarainya menabrak sapi di Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, tadi malam (30/7) pukul 20.00 WIB.

Ia menghembuskan napas terakhir dalam perjalanan menuju ke salah satu Rumah Sakit di Sumatera Barat. Dari lubang telinga dan hidung pria karismatik yang cukup disegani ini mengeluarkan darah. Diduga benturan keras di kepala membuat terjadinya pendarahan itu. Padahal sewaktu kecelakaan ia menggunakan helm. Korban menginggal menjelang tiba di Kecamatan Silaut Pesisir Selatan Sumatera Barat. Selanjutnya jenazah kembali dibawa ke Mukomuko menuju ke rumah duka di Desa Tirta Mulya SP 5 Kecamatan Air Manjuto.

Kronologis kejadian sebagaimana data terhimpun malam itu tokoh Nahdatul Ulama Mukomuko ini berniat bertandang ke rumah Ketua DPC PKB Mukomuko Irwan Jaro menggunakan sepeda motor. Setibanya di Kota Jaya tiba-tiba saja melintas sapi di depan. Kendaraanya yang tengah dipacu kencang tak mampu mengelak, menabrak tubuh keras tubuh sapi. Seketika Ari Wibowo terpental ke aspal dan terseret hingga beberapa meter dari posisinya jatuh.

Kuatnya benturan membuat helm pelindung kepalanya ikut pecah. Kepala Air Wibowo mengalami benturan hebat. Sehingga kondisinya kritis dan terdengar suara ia ngorok. Warga setempat seketika membawa Ari Wibowo ke Rumah Sakit Umum Mukomuko. Karena kondisinya terus menghawatirkan kelang beberapa menit kemudian tokoh masyarakat Air Manjuto ini langsung diberangkatkan ke Sumatera Barat dengan peralatan medis masih terpasang di tubuhnya.

Tuhan berkehendak lain sosok berwibawa di tengah masyarakat ini akhirnya meninggal dunia. "Kami saat ini tengah berada di rumah duka. Kepala korban mengalami luka dalam yang parah. Sehingga banyak mengeluarkan darah," kata teman korban Kakan Kesbangpolinmas Mukomuko, Abu Hasan Rusli.

Sementara itu anggota DPRD Dari Partai PKB Adrizon mengakui PKB Mukomuko merasa kehilangan sosok yang cukup karismatik di Dewan Syuro PKB. Selama ini buah pemikirannya banyak berdampak postif bagi partai maupun masyarakat. "Insya Allah dimakamkan besok (hari ini, red) di Tirta Mulya," terang Adrizon.

Terkait kecelakaan tersebut, Abu Hasan Rosli mengharapkan Satpol PP untuk menegakkan perda nomor 6 tahun 2009 tentang ketertiban umum. Sapi yang berkeliaran di tengah jalan sangat menganggu masyarakat. Saat ini tidak bisa lagi dianggap enteng, sudah menjadi permasalahan. Selama ini pemilik ternak telah diingatkan untuk mengandangkan sapinya, tak diindahkan. Makan jalan terakhir adalam upaya paksa, menangkap ternak yang berkeliaran.

"Perda harus ditegakkan. Lakukan razia terhadap ternak yang berkeliaran. Jika perlu sesuai aturan ditembak saja. Sehingga tidak terjadi lagi musibah serupa," tegas Abu Hasan Rusli. (del)

Berita Terpopuler

Kuasai DPP Golkar, Kubu Agung Pecat Ical dan Idrus
Jum'at, 28 November 2014 , 17:37:00
Indonesia vs Laos: Berharap Ada Keajaiban
Jum'at, 28 November 2014 , 06:01:00
Kena Tilang Malah Cekikikan
Jum'at, 28 November 2014 , 08:32:00
Jokowi Muluskan Impor Sapi, Ini Komentar Politikus PKS
Jum'at, 28 November 2014 , 15:32:00
Hina Nabi Muhammad, Artis Bollywood Divonis 26 Tahun Bui
Jum'at, 28 November 2014 , 13:30:00
Kronologis Tewasnya Warga Diduga Tergilas Water Cannon
Jum'at, 28 November 2014 , 02:20:00