Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Filosofi Khas di Gedung Baru KPK, Nih Penjelasannya

Minggu, 19 Februari 2017 – 16:41 WIB
Ada Filosofi Khas di Gedung Baru KPK, Nih Penjelasannya - JPNN.COM
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - jpnn.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menempati kantor baru. Ada gedung yang menjulang tinggi dengan 16 lantai di ujung utara Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Gedung itu bukan sembarang bangunan. Sebab, ada filosofi yang menyertainya.

Untuk menjelaskan filosofi gedung baru itu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengajak awak media berkeliling di bangunan yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 29 Desember 2015 tersebut. Menurut Saut, pilihan warna dan arsitektur gedung baru KPK menunjukkan filosofi khas.

Gedung itu didominasi warna merah dan putih. Warna itu bukan hanya melambangkan bendera Merah Putih, tetapi juga fungsi dan tugas KPK. Warna merah mencerminkan penindakan, sedangkan putih adalah pencegahan.

Tak hanya itu, ada lima pilar penyangga di depan gedung tersebut. "Lima, Pancasila," ujar Saut usai mengajak awak media mengunjungi beberapa lantai di gedung komisi antirasywah yang baru itu, Minggu (19/2).

Masih di area luar, ada pohon bodhi yang tumbuh sebelum gedung baru KPK dibangun. Saut baru tahu tentang pohon bodhi setelah kunjungan Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahbudhi).

"Ternyata filosofinya luas. Itu pohon bodhi disebut Budha bersemayam di situ,” tuturnya.

Tak hanya di bagian luar, interior gedung baru KPK juga dipenuhi filosofi. Salah satunya ruangan khusus di lantai 16 untuk masjid.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menempati kantor baru. Ada gedung yang menjulang tinggi dengan 16 lantai di ujung utara Jalan HR Rasuna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close