Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ahok Bisa Menang Andai Ikut Pilkada di Provinsi Ini

Jumat, 28 April 2017 – 21:41 WIB
Ahok Bisa Menang Andai Ikut Pilkada di Provinsi Ini - JPNN.COM
Basuki T Purnama alias Ahok saat dilantik menjadi Gubernur DKI di Istana Negara pada 19 November 2014. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Basuki T Purnama tinggal menunggu pengumuman resmi tentang kekalahannya pada pilkada DKI. Namun, nama gubernur DKI yang lebih kondang disapa dengan panggilan Ahok itu justru disebut-sebut cocok untuk ikut pilkada di provinsi lain.

Setidaknya nama Ahok sudah muncul jelang pilkada di dua provinsi. Yakni di Kalimantan Timur dan Bali.

Dalam analisis Direktur Eksekutif Seven Strategic Studies (SSS) Guevara Santayana, peluang Ahok sebenarnya tidak terlalu baik jika maju di Kaltim ataupun Bali. Menurut Guevara, justru Ahok memiliki peluang besar jika maju di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga akan menggelar pemilihan gubernur.

"Saya kira jika PDI Perjuangan masih mau mencalonkan Ahok bisa mempertimbangkan NTT. Karena sebenarnya sosok Ahok secara popularitas telah rata dikenal di pelosok Indonesia, termasuk di NTT," ujar Guevara kepada JPNN, Jumat (28/4).

Guevara menambahkan, peluang Ahok untuk menang di NTT bukan hanya karena popularitas. Sebab, kondisi sosial dan budaya di provinsi yang beribu kota di Kupang itu juga cukup mendukung Ahok.

"Intinya, masyarakat NTT tentu mengidamkan pemimpin daerah yang mau memajukan, menyuburkan serta menyejahterakan daerahnya. Nah, apakah Ahok dapat menjawab hal tersebut, tentu perlu dilihat lebih jauh dari berbagai aspek yang ada," kata Guevara.

Hanya saja, Guevara justru melihat sosok Ahok lebih pas sebagai menteri. Sebab, Ahok memiliki kapasitas dan pengalaman untuk membenahi aparatur.

“Jadi saya kira akan jauh lebih baik jika PDIP mengusulkannya menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja Presiden Jokowi-JK," pungkasnya.(gir/jpnn)

Basuki T Purnama tinggal menunggu pengumuman resmi tentang kekalahannya pada pilkada DKI. Namun, nama gubernur DKI yang lebih kondang disapa dengan

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close