Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Apa Penyebab Kebotakan?

Selasa, 21 Maret 2017 – 12:01 WIB
Apa Penyebab Kebotakan? - JPNN.COM
Botak. Foto Ilustrasi: Medhair

jpnn.com, JAKARTA - Para peneliti mencari akar genetik penyebab rambut rontok. Hasilnya, mereka menemukan lebih dari 280 gen berbeda yang terlibat.

Para peneliti juga telah menemukan formula yang bisa memprediksi risiko seorang pria kehilangan rambutnya.

Ternyata rambut rontok sangat rumit secara genetik, menurut laporan yang dipresentasikan di Public Library of Science jurnal PLoS Genetics.

"Dalam studi penelitian asosiasi genome besar mengenai pola kebotakan laki-laki, kami mengidentifikasi 287 sinyal genetik independen yang terkait dengan perbedaan dalam sifat tersebut," kata peneliti Riccardo Marioni, seperti dilansir laman NBC, Senin (20/3).

"Hasil penelitian ini mungkin membantu mengidentifikasi siapa yang berisiko terbesar dari rambut rontok dan juga target genetik potensial untuk intervensi," jelas Marioni.

Tim penelitian mempelajari DNA dari lebih dari 52 ribu pria paruh baya yang mengambil bagian dalam percobaan genetik British yang disebut Biobank.

"Pola kebotakan pria memengaruhi sekitar 80 persen pria pada usia 80 tahun. Kami mengidentifikasi ratusan sinyal genetik baru," kata Saskia Hagenaars, seorang mahasiswa yang ikut meneliti studi ini.

Meskipun rambut rontok diturunkan dalam keluarga, seorang pria tidak bisa selalu menyalahkan ayah mereka mengenai kebotakan rambut, beberapa kasus justru disebabkan karena ibu mereka.

Para peneliti mencari akar genetik penyebab rambut rontok. Hasilnya, mereka menemukan lebih dari 280 gen berbeda yang terlibat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close