Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bahaya Mengonsumsi Licorice Bagi Ibu Hamil

Rabu, 12 April 2017 – 04:04 WIB
Bahaya Mengonsumsi Licorice Bagi Ibu Hamil - JPNN.COM
Hamil. Foto IST

jpnn.com - Wanita yang mengonsumsi licorice selama kehamilan mungkin lebih cenderung memiliki anak dengan masalah kognitif atau perilaku daripada bumil yang jarang mengonsumsi permen ini saat mereka hamil.

"Beberapa percobaan laboratorium sebelumnya telah mengaitkan glycyrrhizin, pemanis alami dalam akar licorice yang bisa mengubah plasenta dan memudahkan hormon stres kortisol melakukan perjalanan dari ibu ke bayi," kata penulis utama studi, Katri Raikkonen, seperti dilansir laman Lifescript, Senin (10/4).

Beberapa kortisol membantu perkembangan janin, tapi terlalu banyak kortisol justru bisa mengubah proses perkembangan saraf dan berkontribusi untuk masalah kognitif atau perilaku di kemudian hari.

Untuk penelitian ini, peneliti mengkaji data dari 378 anak yang lahir di Helsinki pada tahun 1998 serta ibu mereka, peneliti juga menanyai para wanita mengenai konsumsi licorice setelah mereka melahirkan dan kemudian meneliti anak-anak untuk masalah perkembangan ketika mereka berusia sekitar 13 tahun.

Anak perempuan dan anak laki-laki yang lahir dari ibu yang mengonsumsi banyak licorice selama kehamilan (mengandung sedikitnya 500 miligram (0,02 ons) dari glycyrrhizin) setiap minggu, memiliki skor lebih rendah pada tes kecerdasan serta memiliki hyperactivity disorder dibandingkan anak-anak yang ibunya mengonsumsi sedikit atau tidak ada licorice sama sekali selama kehamilan.

Anak gadis juga tampaknya mulai pubertas lebih cepat ketika ibu mereka makan banyak licorice selama kehamilan.

" Karena itu, temuan kami menunjukkan bahwa masuk akal untuk menghindari licorice dan produk makanan lainnya yang mengandung glycyrrhizin selama 40 minggu kehamilan," pungkas Raikkonen.

Dalam studi saat ini, ada 327 anak-anak yang terkena licorice dalam rahim ibu mereka, peneliti melaporkan dalam American Journal of Epidemiology.(fny/jpnn)

Wanita yang mengonsumsi licorice selama kehamilan mungkin lebih cenderung memiliki anak dengan masalah kognitif atau perilaku daripada bumil yang

Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   hamil 
BERITA LAINNYA
X Close