Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bali Segera Gelar Pertunjukan Omed-omedan

Sabtu, 18 Februari 2017 – 15:29 WIB
Bali Segera Gelar Pertunjukan Omed-omedan - JPNN.COM
Arief Yahya. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Atraksi atau pertunjukan budaya di Bali bakal membuat wisatawan tersenyum happy. Tidak terkecuali dengan perhelatan omed-omedan  yang akan dilaksanakan pada 29 Maret 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Anak Agung Yuniartha Putra mengatakan, tradisi warisan para leluhur Bali tersebut adalah rangakaian event yang penutup hari raya Nyepi tahun baru Saka 1939.

Menurut Agung, omed-omedan adalah tradisi turun temurun yang dilakukan oleh Banjar atau kelompok warga Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan, Bali. Dalam bahasa Bali, omed-omedan berarti saling menarik dan berpelukan. Namun seiring waktu tradisi ini telah menjadi saling berciuman antara laki-laki dan perempuan.

Omed-omedan melibatkan pemuda dan pemudi berumur 17 tahun hingga 30 tahun atau sudah menginjak dewasa dan belum menikah.

Tradisi ini digelar satu hari setelah Nyepi dengan peserta pemuda dan pemudi atau lebih dikenal denga Sekaa Teruna Teruni.

"Tradisi omed-omedan, memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah penghormatan terhadap leluhur, memupuk rasa kesetiakawanan antarpemuda banjar. Sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat, membangun solidaritas dan persatuan," kata wanita bertubuh tegap itu.

Lebih lanjut Wawan juga mengatakan,  dalam tradisi ini, puluhan muda-mudi Banjar Kaja dibagi dua kelompok yakni pria dan wanita. Kedua kelompok membuat barisan memanjang dan saling berhadapan. Kelompok pria dan wanita menyiapkan wakilnya satu orang yang akan diarak ke depan untuk saling berciuman.

"Tapi kalau dimaknai secara ritual adat ini bermaksud untuk keakraban saja, menjaga kerukunan warga, dan saling kasih sayang, namun para wisatawan sangat suka ini dan diprediksikan ribuan orang akan hadir di acara ini," ucap Wawan.

Atraksi atau pertunjukan budaya di Bali bakal membuat wisatawan tersenyum happy. Tidak terkecuali dengan perhelatan omed-omedan  yang akan dilaksanakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Bali 
BERITA LAINNYA
X Close