Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Jamaah Umrah Mimisan

Selasa, 05 Januari 2016 – 00:47 WIB
Banyak Jamaah Umrah Mimisan - JPNN.COM
Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Cuaca di Makkah saat ini sangat dingin, di bawah 20 dejarat celcius. Bahkan, di malam hari, suhu di Madinah berada di bawah 10 dejarat celcius. Dikabarkan, cukup banyak jamaah umrah asal Indonesia yang mengalami mimisan.

“Melalui WA teman saya yang kebetulan dokter menyampaikan udara dingin yang sedang melanda Mekah dan Madinah. Beliau menyayangkan banyak jamaah Umrah kita yang kurang mengantisipasi udara dingin tersebut terutama buat jamaah yang baru pertama kali ke luar negeri. Sehingga terjadi berbagai masalah kesehatan seperti mimisan, batuk pilek dan bibir pecah-pecah,” ujar pakar kesehatan Ari Fahrial Syam, MD.PhD,FACP, dalam keterangannya, kemarin.

Lebih lanjut, staf Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM itu mengatakan, jika jamaah umrah tidak mengantisipasi cuaca dingin, memang berpotensi terganggu pelaksanaan ibadahnya.

Dia menyebut tiga penyakit yang timbul ketika berada di tengah suhu udara yang ekstrim antara lain  asma (sesak nafas), pilek alergi (rinitis alergi), sinusitis serta alergi kulit karena udara dingin.

Kedua, penyakit yang timbul langsung akibat udara dingin seperti kulit menjadi kering, kulit telapak kaki menjadi pecah-pecah, timbul pecah-pecah pada bibir dan kadang kala timbul mimisan. “Jika paparan udara dingin terus berlangsung akan terjadi penurunan suhu tubuh (hipotermia) yang akan mengancam jiwa jamaah umrah,” ujar Wakil Ketua PB Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu.

Ketiga, karena jamaah yang tertular batuk-pilek dari teman sekamar yang kebetulan mempunyai alergi dan terinfeksi.

Para jamaah yang mempunyai resiko tinggi gangguan kesehatan karena cuaca dingin yaitu para jamaah usia lanjut, penderita diabetes, gangguan jantung dan pembuluh darah serta para jamaah yang mempunyai masalah dengan tiroidnya.

Selain cuaca, faktor yang dapat memperburuk kesehatan para jamaah adalah kelelahan akibat perjalanan yang lama dan melelahkan. Selain itu  proses naik dan turun kendaraaan dari bandara menuju penginapan juga akan menyebabkan kelelahan tersebut makin menjadi. Belum lagi proses pembagian kamar yang kadang kala berlarut-larut yang pada akhirnya keadaan ini akan membuat para jamaah kelelahan.

JAKARTA - Cuaca di Makkah saat ini sangat dingin, di bawah 20 dejarat celcius. Bahkan, di malam hari, suhu di Madinah berada di bawah 10 dejarat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close