Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bayar SPP Pakai Ternak, Untuk SD Kambing, SMP ke Atas Sapi

Senin, 24 April 2017 – 11:56 WIB
Bayar SPP Pakai Ternak, Untuk SD Kambing, SMP ke Atas Sapi - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com, HARARE - Kebijakan kreatif bisa lahir di saat krisis. Di Zimbabwe, Kementerian Pendidikan mengeluarkan gebrakan demi melawan keterbatasan.

Para orang tua siswa yang tidak mampu diperbolehkan membayar sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) anaknya dengan ternak.

Langkah unik itu sebenarnya bentuk kemunduran. Sebab, pada 1970, mereka memerangi pemakaian barter ternak sebagai pengganti duit. Kini, kebijakan itu diulang. Pemerintah setempat malah sudah membikin standar harga.

’’Untuk sekolah dasar, (bayar pakai) kambing atau domba. Untuk jenjang lebih tinggi, sapi,’’ kata Menteri Pendidikan Zimbabwe, Lazarus Dokora.

Kalau tidak punya ternak, mereka bisa membayar dengan jasa atau keterampilan. Dokora mencontohkan, kalau orang tua berprofesi sebagai pekerja konstruksi, mereka bisa membayar dengan keahlian itu. ’’Mereka memperbaiki sekolah sebagai pengganti SPP,’’ katanya.

Hal itu tidak cuma berlaku di daerah desa atau pinggiran. Di kota juga demikian. Bisa dibayangkan, tiap bulan, sekolah di Zimbabwe tak cuma penuh murid, tapi juga embek dan sapi hasil pembayaran SPP. (daily mail/fam/c17/na/jpnn)

Kebijakan kreatif bisa lahir di saat krisis. Di Zimbabwe, Kementerian Pendidikan mengeluarkan gebrakan demi melawan keterbatasan.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close