Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bulog Genjot Penyerapan Beras

Selasa, 29 Desember 2015 – 11:17 WIB
Bulog Genjot Penyerapan Beras - JPNN.COM
Ilustrasi

jpnn.com - SURABAYA – Realisasi penyerapan beras yang masih di angka 3,4 juta ton, membuat Perum Bulog membuat target baru.  ”Harus bisa mencapai 3,5 juta ton. Semoga adanya musim hujan, musim  tanam dapat sesuai dengan perkiraan sehingga dalam jangka waktu tiga bulan ke depan sudah bisa panen,'' kata Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Wahyu Suparyono kemarin (28/12).

Salah satu kendala penyerapan beras tahun ini adalah musim kemarau yang cukup panjang dibandingkan tahun kemarin.

Perum Bulog telah melakukan berbagai upaya strategis agar penyerapan maksimal. ''Kami juga sudah membentuk direktorat baru agar penyerapan bisa maksimal. Namanya Direktorat Pengadaan,'' jelasnya.

Wahyu mengatakan, pengadaan dulunya hanya merupakan divisi di bawah Direktorat Pelayanan Publik. Direktorat Pengadaan mulai bekerja akhir tahun ini. Tetapi, mereka baru beroperasi penuh tahun depan. Hal tersebut membuat jumlah direktorat di Perum Bulog yang semula lima menjadi enam direktorat.

''Selain itu, kami sudah mengajukan penyesuaian harga pokok pembelian (HPP) beras kepada pemerintah agar bisa menyerap sesuai dengan harga baru saat musim panen berlangsung,'' ungkapnya.

Menurut Wahyu, pihaknya akan melakukan penyerapan sesuai dengan harga di Instruksi Presiden No 15/Tahun 2015. Dia juga menuturkan, stok beras nasional hingga kini mencapai 1,4 juta ton. ''Angka tersebut bisa mencukupi kebutuhan beras nasional selama lima bulan ke depan,'' katanya.

Bulog juga telah mengonversi beras medium ke premium tahun depan. Penyerapan beras premium tahun ini mencapai 700 ribu ton. Total penyerapan di Bulog Divisi Regional Jawa Timur sampai saat ini mencapai 850 ribu ton. Sebesar 750 ribu ton merupakan beras medium. Sisanya, 100 ribu ton, adalah beras premium. (vir/c15/tia/pda) 

 

SURABAYA – Realisasi penyerapan beras yang masih di angka 3,4 juta ton, membuat Perum Bulog membuat target baru.  ”Harus bisa

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close