Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Coba Cek Toko Sebelah, e-Warong Jelas Lebih Murah

Senin, 09 Januari 2017 – 21:21 WIB
Coba Cek Toko Sebelah, e-Warong Jelas Lebih Murah - JPNN.COM
Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan e-Warong di Depok, Jawa Barat, Senin (9/1). Foto: Rieska Virdhani/JawaPos.Com

jpnn.com - jpnn.com - Pemerintah terus berupaya memudahkan warga miskin yang termasuk dalam daftar peserta Program Keluarga Harapan dan penerima bantuan beras sejahtera (rastra). Kementerian Sosial (Kemensos) bahkan menyediakan fasilitas warung elektronik atau e-Warong untuk mereka.

Menurut Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, sistem e-Warong akan memudahkan masyarakat tak mampu memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga murah. Melalui e-Warong yang kini jumlahnya sudah lebih dari 300 unit. masyarakat kurang mampu tidak hanya memperoleh sembako murah namun juga berbelanja sesuai kebutuhan.

“Di warung ini masyarakat tidak mampu juga dididik untuk bisa membeli barang sesuai kebutuhan,” ujarnya saat meresmikan e-Warong di Depok, Jawa Barat, Senin (9/10).

Khofifah menegaskan, bahwa ada selisih harga yang sangat membantu masyarakat kurang mampu. Misalnya, beras kelas medium yang di pasaran umum dijual Rp 9.500 per kilo, warga bisa memperolehnya dengan harga Rp 7.900- Rp 8.000 per kilo di e-Warong.

Sedangkan beras premium yang dijual di e-Warong dibanderol dengan harga Rp 9.500 per kilo. Padahal, beras premium di pasaran sudah di kisaran harga Rp 12.800 per kilo.

“Sedangkan harga gula 16.000 di luar, sedangkan di e-Warong 12.500 rupiah per kilogram," sebutnya.

Lebih lanjut Khofifah mengatakan, pengguna e-Warong bisa mengatur dana yang diberikan untuk keperluan yang dibutuhkan. Bahkan sisa uang yang ditransfer pemerintah bisa ditabung untuk investasi pendidikan anak.

Tokoh Muslimat Nahdlatul Ulama itu mencontohkan, dana yang dicairkan pemerintah pada Januari 2017 bisa ditabung untuk membiayai anak saat kenaikan kelas. “Dengan rajin menabung, penerima manfaat bisa terbebas dari hutang dan jerat rentenir,” tegasnya.

Pemerintah terus berupaya memudahkan warga miskin yang termasuk dalam daftar peserta Program Keluarga Harapan dan penerima bantuan beras sejahtera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close