Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Deddy Mizwar Dukung Dana Haji Dipakai untuk Pembangunan

Senin, 16 Januari 2017 – 13:36 WIB
Deddy Mizwar Dukung Dana Haji Dipakai untuk Pembangunan - JPNN.COM
Uang. Ilustrasi Foto: Fitriani/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendukung usulan pemerintah pusat yang akan gunakan dana haji untuk pembangunan. Apalagi di Jabar antusiasme berhaji sangat tinggi, hingga mencapai daftar tunggu hingga 15 tahun.

"Dengan besarnya antusiasme (berhaji), maka dari itu uang para calon jamaah haji yang akan tersimpan di bank akan berjumlah besar. Itu bisa dimanfaatkan dulu untuk pembangunan dan program kemaslahatan umat lainnya," kata Deddy, Senin (16/1).

Jabar sendiri, kata Deddy, menjadi provinsi dengan keberangkatan jamaah haji paling banyak dalam setiap tahunnya. Tahun 2016, total jumlah jemaah mencapai 30.088 orang.

Tak hanya soal dana, Deddy juga mengutarakan aspirasinya soal pengelolaan ibadah haji itu sendiri. Menurutnya, semangat otonomi untuk pelaksanaan dan pengelolaan ibadah haji juga perlu diserahkan kepada pemerintah provinsi.

Dengan cara seperti ini, Deddy meyakini biaya yang perlu dikeluarkan oleh setiap jemaah bisa lebih ringan.

"Saat berangkat nanti mungkin 75% atau 50% bisa dikembalikan lagi uangnya ke setiap jamaah. Karena kalau 15 tahun (masa menunggu), uang itu disimpan di bank berapa itu bagi hasilnya. Kalau disimpan di Jawa Barat mungkin bisa untuk memberikan kredit UKM, membangun infrastruktur dengan pinjaman yang lunak dengan uang yang terkumpul sekian triliun," katanya.

Namun, Deddy meminta penggunaan dana haji tersebut harus didasari dengan payung hukum yang jelas agar penggunaannya sah di mata hukum.

"Tentu harus didukung dengan perubahan undang-undang," katanya. (gun/rmol)

 Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendukung usulan pemerintah pusat yang akan gunakan dana haji untuk pembangunan. Apalagi di Jabar antusiasme

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOLJabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close