Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Dalam Penjara Masih Dipanggil 'Pak Wali Kota'

Sabtu, 11 Februari 2017 – 00:07 WIB
Di Dalam Penjara Masih Dipanggil 'Pak Wali Kota' - JPNN.COM
BINCANG SANTAI. Ilham Arief Sirajuddin (baju oranye) dan Andi Alifian Mallarangeng (baju cokelat) menerima sejumlah tamu dari Makassar di LP Sukamiskin, Bandung, Selasa, 31 Januari lalu. Foto: Yusriady/FAJAR

jpnn.com, BANDUNG - jpnn.com - Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, sebagian besar merupakan mantan pejabat. Interaksi antarmereka selalu cair, laiknya teman karib.

Yusriadi - Bandung

MASUK ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin atas nama media, jangan harap bisa mulus.

Meski tetap dilayani secara ramah oleh petugas, namun prosesnya sangat panjang. Rumit.

Pertama kali datang, Senin, 30 Januari lalu, penulis mencoba masuk atas nama media. Awalnya, kepala keamanan, Suherman meminta identitas resmi. Ia lalu menghadap kepala lapas.

“Maaf dik, kami tidak membatasi untuk liputan. Hanya saja, di sini ada prosedurnya. Harus ada izin dari Kanwil Kemenhumham,” kata dia sambil menyodorkan kembali identitas yang ia minta tadi.

Apapun alasannya, tanpa izin tertulis tersebut, tak ada celah untuk masuk. Kalau pun izin dikantongi, masih harus menunggu konfirmasi dari pihak yang ingin ditemui di dalam lapas. Lama.

Tak menyerah. Penulis lalu menuju Kanwil Kemenhumham Bandung. Jaraknya tak begitu jauh. Dengan ojek, hanya 15 menit.

Penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, sebagian besar merupakan mantan pejabat. Interaksi antarmereka selalu cair,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close