Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dishub Targetkan 1,4 Juta Penumpang Trans Batam

Rabu, 15 Februari 2017 – 22:55 WIB
Dishub Targetkan 1,4 Juta Penumpang Trans Batam - JPNN.COM
Bus Trans Batam. Foto: batampos/jpg

jpnn.com - jpnn.com - Dinas Perhubungan Kota Batam mengakui belum bisa meluncurkan e-ticketing secara massal karena keterbatasan alat atau aplikasi penunjang sistem tiket elektronik tersebut.

"Saat ini kita baru punya lima alat saja. Dan itu hanya berlaku di koridor Sekupang-Batam Kota," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri, kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Kamis (15/2).

Selain aplikasi, kartu yang disebarkan kepada masyarakat juga masih terbatas, yakni 500 kartu. Yusfa juga mengakui, penggunaan e-ticketing di masyarakat belum tersosialisasi dengan baik. Sehingga, masih banyak yang menggunakan uang tunai.

"Ya salah satunya karena keterbatasan alat. Untuk aplikasi masih tahap pengembangan kita," tutur dia.

Unit Pelayanan Teknis (UPT) Jasa Pelayanan Transportasi Batam yang bernaung dibawah Dinas Perhubungan Batam berencana bakal menambah 50 alat penunjang e-ticketing . Diakui Yusfa, aplikasi ini baru efektif digunakan pada pertengahan 2017 ini.

"Target kita tahun ini 50 unit. Kalau sekarang masih dipegang petugas, ke depan sudah di dalam bus. Jadi penumpang tinggal gesek tanpa menggunakan transaksi menggunakan uang tunai. Uang akan masuk ke rekening penyimpanan bus Trans Batam," paparnya.

Ia menambahkan, e-ticketing juga berfungsi sebagai aplikasi yang bisa memberikan layanan transaksi. Bisa melacak keberadaan bus Trans Batam, berapa laju dan kecepatannya sampai rute yang akan dilaluinya.

"Nanti bisa di download di Android. Aplikasi ini memberi kemudahan bagi masyarakat Batam," imbuhnya.

 Dinas Perhubungan Kota Batam mengakui belum bisa meluncurkan e-ticketing secara massal karena keterbatasan alat atau aplikasi penunjang sistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Batam 
BERITA LAINNYA
X Close