Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Optimis Indonesia Mampu Ekspor Beras

Minggu, 05 Februari 2017 – 12:02 WIB
DPR Optimis Indonesia Mampu Ekspor Beras - JPNN.COM
Beras

jpnn.com - jpnn.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendukung penuh rencana pemerintah menyiapkan untuk ekspor beras kualitas premium ke luar negeri termasuk Malaysia.

"Sangat mungkin bagi kita untuk ekspor beras apabila peningkatan produksi melalui bisa dipertahankan atau lebih digenjot melalui berbagai teknologi. 2016 saja produksi mencapai 79 juta ton," kata Daniel saat dihubungi, Minggu (5/2)

Daniel menyontohkan dengan teknologi hazton, produksi padi petani naik tiga atau empat ton per hektare yang menghasilkan 10,7 ton per hektare.

"Di Kabupaten Sambas contohnya, di areal seluas 10 ribu hektare yang menggunakan teknologi hazton, ada 30 ribu atau 40 ribu ton tambahan, ini baru satu kali musim tanam," jelas dia.

Daniel mangaku, Komisi IV telah mendorong pemerintah agar teknologi tanam hazton terus diterapkan, terutama di Provinsi Kalbar.

Pada 2016, Kalbar mendapat alokasi sekitar 44.600 hektare untuk menggunakan teknologi hazton. Dan pada tahun ini didorong agar naik menjadi 60 ribu hektare.

"Kalau terjadi peningkatan produktivitas per hektare, akan berlebih untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Maka sangat memungkinkan untuk ekspor beras," kata anggota DPR Dapil Kalbar dari Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kalbar juga yakin bisa ekspor beras premium ke Malaysia 15.000 ton per tahun.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan mendukung penuh rencana pemerintah menyiapkan untuk ekspor beras kualitas premium ke luar negeri termasuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close