Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukungan NasDem Bikin Ruang Gerak Emil Terbatas

Rabu, 22 Maret 2017 – 11:21 WIB
Dukungan NasDem Bikin Ruang Gerak Emil Terbatas - JPNN.COM
Ridwan Kamil. Foto: Bandung Ekspres/dok.JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia Karim Suryadi menilai, langkah yang dilakukan Ridwan Kamil menghadiri acara deklarasi dukungan NasDem, secara komunikasi politik sudah menunjukan keseriusannya untuk bertarung di bursa Pilgub Jabar 2018.

Namun, kata Karim, Emil jelas tidak mungkin hanya mengandalkan NasDem sebagai kendaraan politik. Sebab, lima kursi di DPRD Jabar milik Nasdem tidak bisa mengantarkan Emil maju ke Pilgub Jabar.

Secara otomatis, Nasdem harus berkoalisi dengan partai lain. "Minimal 20 kursi di DPRD baru bisa mengusung calon," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Senin (20/3).

Peneliti komunikasi politik itu juga berpendapat, posisi Emil di Partai NasDem secara tidak langsung telah membuatnya sulit melakukan tawar menawar dengan partai lain.

Yang akan terjadi, elit parpol NasDem lah yang akan melakukan tawar menawar dengan parpol lain.

"Ada kemungkinan parpol yang dulu ingin meminang Emil akan berfikir dua kali, karena urusannya bukan dengan Emil melainkan dengan NasDem. Partai dengan partai pasti ada tawar menawar, beda cerita jika partai dengan personal," jelasnya.

Dia juga memprediksi banyak parpol lain akan menarik dukungan dari Emil. “Jadi itu tergantung lobi-lobi Partai NasDem," timpalnya.

Ia meramal, langkah jauhnya adalah koalisi antara Partai NasDem dan PDI Perjuangan untuk membentuk satu barisan mengusung satu nama. Atau mungkin, berkoalisi dengan partai lain seperti Gerindra, PKS, Golkar dan Demokrat.

Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia Karim Suryadi menilai, langkah yang dilakukan Ridwan Kamil menghadiri acara

Sumber Radar Bandung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close