Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Gedung Putih Tuding Media Punya Rencana Gulingkan Trump

Selasa, 24 Januari 2017 – 10:57 WIB
Gedung Putih Tuding Media Punya Rencana Gulingkan Trump - JPNN.COM
Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Agenda kerja 100 hari pertama Presiden AS Donald Trump mulai bergulir. Meski kabinetnya belum juga siap, Trump sudah meneken sejumlah legislasi.

Senin (23/1) kemarin, Trump meneken sekitar empat legislasi eksekutif. Setelah aturan tentang imigrasi dan lingkungan hidup, ada dua legislasi yang lain berkaitan dengan perdagangan. Yakni, NAFTA dan TPP. ’’Presiden bakal bertemu dengan pemimpin Kanada dan Meksiko untuk menegosiasikan ulang posisi AS dalam NAFTA,’’ terang Gedung Putih. Mengenai TPP alias traktat kemitraan Trans-Pasifik, AS akan menarik diri.

Trump melewatkan Senin pertamanya di Gedung Putih dengan beberapa pertemuan. Di antaranya, pertemuan dengan para pebisnis, serikat dagang, serta anggota Senat dan House of Representatives (DPR). Selain tiga pertemuan terpisah tersebut, dia bakal menemui langsung Ketua House of Representatives Paul Ryan. Bukan hanya imigrasi dan isu lingkungan hidup, reformasi pajak juga menjadi topik utama pertemuan.

’’Obamacare (asuransi kesehatan era Barack Obama, Red) masih menjadi agenda pertemuan,’’ ungkap sumber Gedung Putih.

Politisi Partai Republik yang duduk di Kongres AS sebenarnya sudah tidak sabar mencabut Obamacare. Namun, mereka belum satu suara tentang program penggantinya. Padahal, Trump sudah menegaskan bahwa puluhan juta warga AS yang selama ini terlindungi Obamacare tidak boleh tanpa asuransi.

Kongres yang terdiri atas Senat dan House of Representatives boleh masih bingung soal Obamacare dan program penggantinya. Tetapi, mereka sudah satu suara soal pajak. Kemarin mereka menyatakan, di bawah komando Trump, AS akan mengurangi beban pajak korporasi hingga 20 persen. Kompensasinya, pajak barang-barang imporlah yang akan meningkat.

Selain membahas agenda pemerintahan, Trump masih harus memperjuangkan kabinetnya di mata Kongres. Sejauh ini baru dua menteri yang mendapatkan restu Kongres. Yakni, Menteri Pertahanan James Mattis dan Menteri Keamanan Dalam Negeri John R. Kelly. Dua menteri Trump itu sudah langsung menduduki jabatan masing-masing bersamaan dengan pelantikan presiden Jumat (20/1).

Seorang menteri yang lain dan seorang pejabat setingkat menteri masih menunggu konfirmasi meski sudah mendapatkan mayoritas dukungan. Keduanya adalah Rex Tillerson yang akan menjadi menteri luar negeri dan Mike Pompeo yang bakal memimpin CIA. Selain itu, masih ada 19 calon menteri dan calon pejabat setingkat menteri yang sedang menjalani uji kelayakan oleh Kongres.

Agenda kerja 100 hari pertama Presiden AS Donald Trump mulai bergulir. Meski kabinetnya belum juga siap, Trump sudah meneken sejumlah legislasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close