Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Heboh! Goropa Raksasa Muncul dari Teluk Tomini

Kamis, 16 Maret 2017 – 16:06 WIB
Heboh! Goropa Raksasa Muncul dari Teluk Tomini - JPNN.COM
Kerapu raksasa ditemukan nelayan Lemito di Teluk Tomini. Foto: Kiswan for Gorontalo Post

jpnn.com, GORONTALO - Saipul, seorang nelayan dari Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo tak pernah bermimpi akan ketemu dengan goropa raksasa.

Rabu (15/3) kemarin, warga Lemito pun geger. Saipul menangkap ikan goropa (nama lokal untuk kerapu) yang diperkirakan jenis sunuk berwarna hitam. Ukurannya superjumbo, panjang 1,5 meter, berdiameter 500 cm dengan berat 110 kilogram.

Kepada Gorontalo Post, Kisman Uwete warga setempat mengatakan, kerapu raksasa itu ditemukan Saipul saat memancing di rompong di perairan Teluk Tomini.

Kisman menjelaskan, untuk menuju ke lokasi tersebut, butuhkan waktu kurang lebih dua jam. Saipul awalnya mengira bahwa yang ada di dalam air dengan kedalaman kurang lebih 7-9 meter itu hanyalah kain yang mengapung di atas air.

Namun, ketika dilihat lebih dekat lagi, ternyata benda yang dikirannya kain itu adalah ikan berukuran besar. Saat itu juga Saipul memanggil salah seorang rekannya untuk membantu memancing dengan menggunakan umpan ikan cakalang.

“Mata pancing yang digunakan Saipul berukuran nomor 4 dan nilon nomor 100 serta umpan satu ekor ikan cakalang. Ketika umpan diturunkan, kerapu superbesar itu langsung memakannya,” ujar Kisman.

Karena ukurannya yang besar, ikan itu sulit untuk diangkut ke atas perahu, melainkan digantung di samping kanan perahu dan dibawa menuju ke darat. Namun, ketika bertemu dengan para nelayan yang mencari ikan di pesisir pantai. Saipul meminta bantuan agar ikannya bisa diangkut ke dalam perahu.

Nelayan sekitar pun membantunya dan kemudian dibawa ke darat. “Saat berada di darat, sudah langsung heboh. Masyarakat banyak yang menyaksikan ikan goropa itu," kata Kisman.

Heboh! Goropa Raksasa Muncul dari Teluk Tomini

Saipul, seorang nelayan dari Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo tak pernah bermimpi akan ketemu dengan goropa raksasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close