Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Jurus Terbaru Facebook dan Google Melawan Hoaks

Senin, 10 April 2017 – 07:40 WIB
Ini Jurus Terbaru Facebook dan Google Melawan Hoaks - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: wrightliving

jpnn.com - Facebook dan Google tak mau tinggal diam melawan berita bohong alias hoaks yang tersebar di halaman mereka.

Tak bisa dibantah dua perusahaan tersebut berperan besar ikut menyebarkan hoaks secara online. Beberapa orang bahkan secara terorganisir, telah memanfaatkan berita bohong untuk kepentingan politik dan finansial.

So, kini Facebook dan Google secara terpisah telah mengumumkan jurus baru mereka memerangi fake news atau berita palsu alias hoaks.

Jumat (7/4) kemarin, Google mengumumkan produk baru yang disebut Fact Check. Itu tersedia di Search dan News. Google memang tidak akan memverifikasi keakuratan laporan, namun mereka menciptakan tag Fact Check untuk mengidentifikasi laporan tersebut apakah telah diperiksa oleh penerbit berita lainnya, atau organisasi pemeriksa fakta.

Ini Jurus Terbaru Facebook dan Google Melawan Hoaks

Fact Check akan muncul di Search dan di News, untuk memudahkan atau membantu pengguna memeriksa sejauh mana keakuratan laporan (berita).

Tapi memang, seperti yang diulas BGR, tidak semua berita di Google akan dapat jatah Fact Check. Namun setidaknya, berita-berita viral atau yang bikin geger bakal kena Fact Check.

Sementara Facebook juga ikut mengekang penyebaran berita palsu dalam jaringan sosial. FB menjelaskan bahwa mereka fokus pada tiga area. Pertama, laporan atau postingan yang menganggu insentif ekonomi, karena sebagian besar false news termotivasi finansial.

Facebook dan Google tak mau tinggal diam melawan berita bohong alias hoaks yang tersebar di halaman mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close