Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Saran BJ Habibie agar RI Siap Berkompetisi

Jumat, 31 Maret 2017 – 11:20 WIB
Ini Saran BJ Habibie agar RI Siap Berkompetisi - JPNN.COM
Presiden RI Ketiga BJ Habibie. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden ketiga RI Prof BJ Habibie mengatakan, Indonesia harus menghadapi kompetisi global dengan mengandalkan pada system standardisasi.

Standar merupakan langkah pertama untuk menciptakan dan terus mendorong kualitas sumber daya bangsa.

Terutama sumber daya manusia terbarukan yang mampu berkompetisi dan meningkatkan taraf kehidupan lebih baik.

"Saya ingat, dua dasawarsa lalu, Badan Standardisasi Nasional (BSN)‎ didirikan karena adanya keyakinan bila bangsa Indonesia ingin maju, maka harus mengandalkan pada standar," kata Habibie di peringatan 20 tahun BSN, kemarin (30/3).

Atas dasar keyakinan ini, lanjutnya, kemudian digulirkan misi bersama‎ untuk mewujudkan satu standar di Indonesia, yaitu SNI (standar nasional Indonesia).

Bersamaan dengan itu, muncul keyakinan melahirkan SDM maupun lembaga yang mampu dan berkualitas untuk mengembangkan serta memajukan kegiatan standardisasi serta penilaian kesesuaian.

"Persaingan di era perdagangan bebas saat ini sangat sengit. Namun, standardisasi semakin berperan dalam memfasilitasi pertukaran produk dan pergerakan SDM di lintas negara," terangnya.

Habibie menegaskan, tidak ada alasan bagi bangsa Indonesia tidak tampil pada barisan depan dalam berkompetisi tingkat regional maupun global. Hal ini dimungkinkan hanya melalui standardisasi.

Presiden ketiga RI Prof BJ Habibie mengatakan, Indonesia harus menghadapi kompetisi global dengan mengandalkan pada system standardisasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close