Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ini Syarat untuk Capai Swasembada Pangan

Sabtu, 22 April 2017 – 16:34 WIB
Ini Syarat untuk Capai Swasembada Pangan - JPNN.COM
GAGAL PANEN: Areal persawahan dan pemukiman penduduk di Pandeglang, Banten terendam banjir akibat hujan yang terus mengguyur sejak Rabu (8/2) malam hingga Jumat (10/2). Ilustrasi by: Yasril/ INDOPOS

jpnn.com, SUMENEP - Pencapaian swasembada pangan tak hanya ditentukan oleh ketersediaan infrastruktur dan input pertanian.

Hal terpenting adalah daya dukung lingkungan pertanian itu sendiri.

Kerusakan lingkungan pertanian bisa menyebabkan peningkatan serangan hama penyakit yang berujung pada kegagalan produksi.

Dalam satu dasawarsa terakhir, serangan hama penyakit di pertanian terus terjadi dan turut memengaruhi produksi pangan nasional.

Data Klinik Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB) menunjukkan, setidaknya ada lima hama penyakit utama akibat rusaknya lingkungan pertanian.

Yakni, wereng, walang sangit, ulat penggerek, keong mas, dan tikus.

Masalah itulah yang menjadi latar belakang penyelenggaraan seminar nasional dan pelatihan tentang pengelolaan agroekositem sehat dan berkelanjutan yang digelar oleh Gerakan Petani Nusantara (GPN), Universitas Wiraraja dan didukung oleh Komando Armada Timur (Koamartim) di Auditorium Universitas Wiraraja, Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (22/4).

Dosen Universitas Brawijaya Gatot Mudjiono mengatakan, budi daya pertanian tak bisa dipisahkan dari sikap dan perilaku serta kondisi lingkungan pertanian. Kerusakan lingkungan pertanian bukanlah sebab tetapi akibat. Situasi itu lahir karena perlakuan manusia terhadap lingkungan negatif.

Pencapaian swasembada pangan tak hanya ditentukan oleh ketersediaan infrastruktur dan input pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close