Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta, Satu-satunya Kota Besar di Dunia yang Belum Punya MRT

Senin, 19 Desember 2016 – 14:11 WIB
Jakarta, Satu-satunya Kota Besar di Dunia yang Belum Punya MRT - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sebagai daerah ibu kota negara, Jakarta harus merasakan arus urbanisasi penduduk yang setiap tahunnya meningkat signifikan. 

Itu sebabnya perlu ada perencanaan tata kota dan transportasi untuk menghindari kemacetan parah.

"Jakarta itu sangat unik. Keunikannya ada pada tempat formal dan informal tapi tinggal di lokasi yang sama," kata Prof Dr Deden Rukmana, urban planner di Jakarta, Senin (19/12).

Yang membuat profesor dari Florida ini heran, sebagai kota terbesar di dunia, Jakarta satu-satunya kota tanpa mass rapid transit (MRT). 

Dia membandingkan dengan negara tetangga Filipina dan Singapura. Meski kotanya jauh lebih kecil, pemerintah sudah menyiapkan transportasi MRT untuk antisipasi terjadinya ledakan penduduk.

"Tapi saya senang, begitu tiba di Indonesia, sudah banyak perubahan di Jakarta. MRT sudah dibangun, dan itu memang jalan satu-satunya untuk mengatasi kemacetan," tandasnya.

Urban planner asal Bandung ini menambahkan, model perencanaan transportasi dan tata kota ‎di barat tidak bisa langsung diimplementasikan ke Jakarta. Namun, MRT adalah model perencanaan transportasi barat yang bisa ditiru Jakarta. (esy/jpnn)

JAKARTA - Sebagai daerah ibu kota negara, Jakarta harus merasakan arus urbanisasi penduduk yang setiap tahunnya meningkat signifikan.  Itu sebabnya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close