Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi: Kita Harus Keluar dari Zona Nyaman

Jumat, 17 Februari 2017 – 16:25 WIB
Jokowi: Kita Harus Keluar dari Zona Nyaman - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo. Foto:

jpnn.com - jpnn.com -Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah sejak awal berkomitmen untuk membangun infrastruktur sebagai prioritas utama, karena hal tersebut diperlukan untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan juga mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi -sapaan presiden, dalam acara Financial Closing Pembiayaan Investasi Non-Anggaran Pemerintah (PINA) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/2). “Memang dalam lima tahun ini pemerintah ingin konsentrasi, ingin fokus pada pembangunan infrastruktur," katanya.

Namun, pemerintah menyadari bahwa untuk membangun berbagai infrastruktur tidak bisa dipenuhi hanya dari APBN semata. Sehingga, pendanaan pembangunan infrastruktur non-APBN dinilai mempunyai peranan penting dalam mendukung percepatan pembangunan di tanah air.

Karena itu, Presiden Jokowi mendukung dijalankannya terobosan-terobosan seperti PINA, yang melengkapi skema pembiayaan infrastruktur nasional, selain skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) atau Private Public Partnership (PPP).

Presiden menyambut baik Financial Closing Waskita Toll Road sebagai proyek perdana PINA. Dia berharap program tersebut dapat mempercepat pembiayaan investasi Waskita Toll Road senilai Rp 70 triliun.

“Saya kira kalau cara-cara seperti ini kita lakukan, akan banyak sekali infrastruktur yang dulunya hanya tergantung pada APBN, sekarang tidak. Bisa investasi murni, bisa PPP atau KPBU dan bisa dengan skema lain,” ujar mantan Wali Kota Surakarta itu.

Model pembiayaan seperti ini menurut Jokowi, harus terus diimplementasikan. Bukan hanya proyek jalan tol, melainkan ke sektor lainnya seperti pelabuhan, bandara, pembangkit listrik, dan sektor energi. Termasuk, proyek strategis yang terhenti pembangunannya karena kendala pembiayaan.

“Karena saya lihat sekarang seperti di Umbulan, tidak tahu berapa tahun berhenti. Sekarang sudah bisa jalan dengan model PPP. Hal-hal seperti ini yang harus dicarikan jalan terobosan, di luar pakem-pakem yang rutinitas, sering kita jalani, kita nikmati. Sekali lagi kita harus keluar dari zona nyaman itu,” ucapnya.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah sejak awal berkomitmen untuk membangun infrastruktur sebagai prioritas utama, karena hal tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Jokowi 
BERITA LAINNYA
X Close