Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kalahkan Rusia, India Cetak Sejarah Misi Luar Angkasa

Kamis, 16 Februari 2017 – 06:06 WIB
Kalahkan Rusia, India Cetak Sejarah Misi Luar Angkasa - JPNN.COM
Foto: Indian Space Research Organisation

jpnn.com - jpnn.com -Rekor mengirimkan satelit ke orbit yang selama ini dipegang Rusia patah. Rabu (15/2) kemarin, India berhasil mengirim 104 satelit ke orbit dalam sekali peluncuran dengan menggunakan Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) C37.

Juni 2014, Rusia juga berhasil meluncurkan banyak satelit sekaligus. Namun, jumlahnya hanya 37 buah.

Para ilmuwan India’s Space Research Organisation (ISRO) harap-harap cemas begitu roket meluncur dari pusat penelitian luar angksa di Pulau Sriharikota pukul 09.28 waktu setempat. Peluncuran itu adalah misi ke-39 PSLV milik negara yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi tersebut.

Roket melaju dengan kecepatan 27 ribu kilometer per jam. Mereka terus-menerus memandangi monitor pemantauan. Begitu seluruh satelit dilepaskan di orbit masing-masing sesuai rencana, mereka langsung bersorak gembira. ’’Dengan tulus, saya mengucapkan selamat kepada tim ISRO atas kesuksesan ini,’’ ujar Direktur ISRO Kiran Kumar. Pelepasan seluruh satelit membutuhkan waktu 30 menit.

ISRO mengungkapkan, dari 104 satelit, hanya tiga yang merupakan milik India. Salah satunya adalah Cartosat-2D yang memiliki berat 730 kilogram. Satelit yang berfungsi mengobservasi bumi itu adalah kargo utama. Sebanyak 103 sisanya adalah nano satelit milik beberapa negara. Yaitu, Amerika Serikat (AS), Israel, Kazakhstan, Belanda, Swiss, dan Uni Emirat Arab.

Ada 96 satelit milik AS yang ikut dalam peluncuran di India tersebut. Sebanyak 88 di antaranya merupakan kepunyaan Planet Inc. Satelit milik perusahaan yang berbasis di San Francisco, California, itu masing-masing memiliki berat 4,5 kilogram.

’’Selamat ISRO atas kesuksesan peluncuran PSLV-C37 dan satelit Cartosat serta 103 nano satelit lainnya!’’ tulis Modi.

India memang memiliki ambisi untuk program luar angksa. Pada 2013, mereka menjadi negara keempat yang sukses mengirimkan pesawat luar angkasa tanpa awak ke orbit Mars. Misi ke Mars India tersebut hanya menghabiskan biaya USD 73 juta (Rp 972,4 miliar).

Rekor mengirimkan satelit ke orbit yang selama ini dipegang Rusia patah. Rabu (15/2) kemarin, India berhasil mengirim 104 satelit ke orbit dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close