Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keliling Dunia Demi Mengenal Kopi

Rabu, 12 April 2017 – 04:22 WIB
Keliling Dunia Demi Mengenal Kopi - JPNN.COM
Hendrick Hartono belajar lebih jauh tentang rasa kopi. Lulusan universitas di Australia ini juga menjadi pengusaha kopi. (Ahmad Khusaini/Jawa Pos/JawaPos.com)

jpnn.com - Pencinta kopi kini bukan lagi usia tua, tapi juga anak-anak muda. Tak sekadar minum, mereka juga memperkenalkan kopi Nusantara lewat seruputan.

Itulah yang dilakukan Hendrick Hartono, Senin (10/4) di Cattura Espresso.

’’Indonesia punya beragam kopi. Sayang banget kalau nggak bisa menikmatinya dengan baik,’’ kata pria yang mendapat licensed Q Grader dari Specialty Coffee Association of Indonesia tersebut.

Salah satu cara mengetahui karakter kopi adalah dengan cupping. Hendrick mempraktikkannya dengan menggunakan enam jenis kopi Indonesia. Yaitu, kopi asal Wamena, Papua; Flores; Toraja; Kintamani, Bali; Gayo, Aceh; dan Java Malabar.

Dari cupping, penikmat bisa menghirup aroma, menyeruput, dan meneguk kopi. Hendrick mencontohkan kopi Java Malabar dengan takaran 8,25 gram.

Biji kopi dihaluskan. Lalu, air panas 150 ml bersuhu 96 derajat Celsius dituangkan ke kopi tersebut dengan penyaringan.

’’Kita diamkan dulu 3–4 menit sebelum diseruput. Biar rasanya bisa sempurna,’’ jelas pria 26 tahun tersebut.

Sebelum kopi diteguk, Hendrick mencium aromanya. ’’Cukup diangin-anginkan ke arah hidung kita. Setiap kopi punya aroma yang berbeda,’’ ungkap alumnus Curtin University Australia tersebut.

Pencinta kopi kini bukan lagi usia tua, tapi juga anak-anak muda. Tak sekadar minum, mereka juga memperkenalkan kopi Nusantara lewat seruputan.

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   kopi 
BERITA LAINNYA
X Close