Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kemenhub Pesan 100 Kapal ke Industri Rakyat di Pati

Kamis, 23 Maret 2017 – 16:46 WIB
Kemenhub Pesan 100 Kapal ke Industri Rakyat di Pati - JPNN.COM
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, PATI - Kementerian Perhubungan akan memesan 100 kapal pelayaran rakyat (pelra) melalui industri pembuatan kapal rakyat nasional.

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan kearifan lokal masyarakat Indonesia.
Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan ke Galangan Kapal Bumirejo di Juwana, Pati pada Kamis (23/3).

"Saya lihat hasil pengerjaannya bagus sekali, kapal dibuat dengan kayu merbau. Jadi industri-industri kapal seperti ini yang harus dihidupkan kembali karena ini adalah kearifan lokal, tidak banyak orang yang bisa," ujar Budi.

Dalam kunjungannya Budi mengatakan, pemberian bantuan kapal pelra oleh Kemenhub guna mendukung transportasi laut ke daerah-daerah yang tidak dilayani oleh kapal perintis, serta mendorong usaha masyarakat pada kapal-kapal tradisional yang mengangkut komoditas bahan pokok atau barang lainnya.

"Jadi 100 kapal ini akan kita berikan ke beberapa Pemda atau Yayasan supaya mereka mendapat kapal baru yang bagus dengan harapan industri perkapalan menjadi berkembang, dan pelayaran rakyat semakin bagus sehingga konektivitas logistik dari satu pulau ke pulau, dari satu tempat ke tempat lain menjadi lebih cepat," terang Budi.

Adapun pemberian bantuan kapal ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing masyarakat dalam transportasi laut.

Ke depan Budi berharap industri pembuatan kapal rakyat ini bisa diikutkan dalam tender pengadaan 100 kapal rakyat dengan bobot 35 GT.(chi/jpnn)

Kementerian Perhubungan akan memesan 100 kapal pelayaran rakyat (pelra) melalui industri pembuatan kapal rakyat nasional.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close