Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kenali Tanda Kanker Testis

Selasa, 21 Februari 2017 – 02:48 WIB
Kenali Tanda Kanker Testis - JPNN.COM
Dokter. ILUSTRASI. FOTO: Laman Cheat Sheet

jpnn.com - jpnn.com - Kanker testis merupakan sebuah jenis kanker yang terjadi pada pria dengan rentang usia antara 15 hingga 49 tahun. Memang jenis kanker ini tidak begitu sepopuler kanker paru-paru atau kanker prostat, namun tetap saja sel-sel yang tumbuh secara tak wajar di bagian testis ini sangat berbahaya.

Testis sendiri adalah organ berbentuk oval dan merupakan organ seks pada pria yang ada pada kantong kemaluan atau skrotum.

Pria tentu membutuhkan organ testis ini agar bekerja dengan baik demi kelancaran sistem reproduksi mereka sebab sperma serta hormon testosteron keduanya dihasilkan oleh organ ini. Tak salah lagi bahwa fungsi seksual seorang pria ditentukan oleh sperma dan hormon testosteron tersebut sehingga testis memainkan peran yang begitu penting.

Lalu, gejala awal kanker testis apa saja yang harus diwaspadai sehingga bisa ditangani sedari dini sebelum menyebar lebih serius?

Berikut ini ulasannya, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (19/2).

1. Kanker testis paling umum berkembang di sel germinal

Sel germinal adalah sel yang membuat sperma. Menurut ACS (American Cancer Society ) lebih dari 90 persen dari kasus kanker testis berkembang di sel-sel ini yang dipecah menjadi dua jenis utama yakni seminoma dan non-seminoma.

Ada juga jenis tumor yang berasal dari campuran kuman yang mengandung kedua jenis sel ini. Jenis tumor ini adalah umum di banyak kasus kanker testis.

Kanker testis merupakan sebuah jenis kanker yang terjadi pada pria dengan rentang usia antara 15 hingga 49 tahun. Memang jenis kanker ini tidak begitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close