Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Keren! Batam Terapkan e-Ticketing untuk Kendaraan Umum

Selasa, 14 Februari 2017 – 22:01 WIB
Keren! Batam Terapkan e-Ticketing untuk Kendaraan Umum - JPNN.COM
Petugas Dishub tunjukkan cara pembayaran ongkos bus pakai e-ticketing. Foto: batampos/jpg

jpnn.com - jpnn.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Batam mulai menerapkan tiket elektronik (e-ticketing) kendaraan umum Trans Batam.

Seluruh penumpang akan diberikan kartu elektronik sebagai alat pembayaran bus selanjutnya.

Sistem ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi kebocoran pendapatan, mengingat sistem e-ticketing langsung terkoneksi dengan sistem data.

"Kita sudah mulai terapkan. Pertama ini baru beberapa rute saja. Contohnya di Sekupang," kata Kadishub Batam, Yusfa Hendri, kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Selasa (14/2).

Sistem e-ticketing dengan kartu Brizzi ini seperti uang elektronik (e-money). Jadi pembayaran tiket bus sudah tidak memakai uang tunai lagi.

Penumpang cukup menggesekkan kartu pada alat yang disediakan. Melalui sistem elektronik ini, pembayaran akan langsung masuk ke rekening penyimpanan Dishub.

"Ke depan kita rencanakan semua rute dan koridor di Batam sudah memakai sistem ini," terang mantan Kadis Pariwisata itu.

Kata Yusfa, kartu Brizzi ini juga nantinya bisa digunakan sebagai kartu parkir dan kartu pembayaran retribusi sampah dan sebagainya. "Apalagi di pemko banyak aplikasi, misal bayar retibusi. Kalau ini bisa disatukan jelas akan memudahkan masyarakat," kata dia.

 Dinas Perhubungan (Dishub) Batam mulai menerapkan tiket elektronik (e-ticketing) kendaraan umum Trans Batam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Batam 
BERITA LAINNYA
X Close