Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kikis Sikap Terkotak-kotak, Kampus Minta Bantuan Rusun

Kamis, 16 Februari 2017 – 09:14 WIB
Kikis Sikap Terkotak-kotak, Kampus Minta Bantuan Rusun - JPNN.COM
Mahasiswa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kalangan perguruan tinggi meminta pemerintah membantu pembangunan asrama atau rumah susun (rusun) mahasiswa di kampus negeri maupun swasta.

Permintaan supaya pemerintah ikut memperhatikan pembangunan infrastruktur kampus itu disuarakan Forum Rektor Indonesia (FRI).

Ketua FRI Suyatno menjelaskan unit asrama mahasiswa sangat dibutuhkan. ’’Sesuai dengan kecenderungan kehidupan mahasiswa saat ini,’’ katanya di Jakarta kemarin.

Menurut rektor Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) itu, ada kecenderungan mahasiswa saat ini terkotak-kotak.

Di antaranya mahasiswa terkelompok sesuai daerah asalnya, agama, ekonomi, dan aspek lainnya. Keberadaan asrama mahasiswa, diharapkan bisa mengikis sikap terkotak-kotak itu.

Suyatno mengakui pemerintah memiliki anggaran terbatas. Sehingga bantuan pembangunan unit rusun mahasiswa bisa menggunakan skala prioritas. Misalnya untuk kampus yang sudah mendapatkan akreditasi institusi A dahulu.

Unit bangunan asrama juga tidak harus sesuai dengan jumlah mahasiswa. Kapasitas asrama minimal bisa menampung seluruh mahasiswa angkatan baru.

’’Misalnya seluruh mahasiswa baru, wajib tinggal di asrama selama satu tahun pertama,’’ katanya. Dengan cara ini, mahasiswa bisa dibiasakan hidup dengan beragam perbedaan. Selain itu di sela kegiatan kuliah, mahasiswa bisa mengikuti program-program pendidikan karakter di asrama.

Kalangan perguruan tinggi meminta pemerintah membantu pembangunan asrama atau rumah susun (rusun) mahasiswa di kampus negeri maupun swasta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close