Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

LPDP Diminta Optimalkan Program Beasiswa dan Dana Riset

Selasa, 07 Februari 2017 – 18:40 WIB
LPDP Diminta Optimalkan Program Beasiswa dan Dana Riset - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Presiden Joko Widodo meminta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) lebih mengoptimalkan program pembiayaan pendidikan sebagai investasi di bidang sumber daya manusia (SDM).

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Rapat Terbatas Optimalisasi LPDP di Kantor Presiden, Selasa (7/2).

Dia mengingatkan bahwa tahun 2020-2030, Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi, di mana penduduk usia produktif sangat besar. Artinya, Indonesia akan memiliki banyak sekali SDM di usia produktif. Sehingga, pemerintah tidak hanya fokus pada pemerataan akses pendidikan dasar dan menengah, tapi juga di perguruan tinggi melalui optimalisasi LPDP.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan data bahwa proporsi SDM dengan kualifikasi pendidikan tinggi di Indonesia hanya 7,2 persen dari angkatan kerja. Angka itu terbilang rendah dibanding negara tetangga seperti Malaysia yang sudah mencapai 20,3 persen. Begitu juga perbandingan jumlah insinyur per satu juta penduduk, Indonesia sebanyak 2.671, lebih rendah dari Malaysia, Vietnam dan Korsel.

"Untuk itu saya ingin menekankan bahwa investasi di bidang SDM termasuk melalui pemberian beasiswa perguruan tinggi, pendanaan riset merupakan investasi yang sangat penting bagi negara kita untuk maju di masa yang akan datang," kata Presiden Jokowi dalam rapat yang dihadiri jajaran menteri kabinet kerja.

Selama ini, kata Jokowi, LPDP telah melakukan pengelolaan sebagian alokasi dana pendidikan APBN. LPDP sendiri telah menyalurkan beasiswa kepada 16.295 orang yang tediri 8.406 beasiswa dalam negeri dan 7.889 penerima beasiswa luar negeri.

"Namun perlu saya ingatkan dalam investasi pembangunan SDM ini harus betul-betul fokus, harus tepat dan terarah. Untuk itu saya minta program LPDP baik program beasiswa pendaanan riset, maupun rehabilitasi pelayanan infrastruktur pendidikan untuk lebih dipotimalkan lagi," pintanya.

Beberapa program yang diinginkan Presiden Jokowi antara lain, pemerataan kesempatan bagi anak-anak bangsa yang berprestasi di seluruh pelosok tanah air, khususnya di daerah tertinggal dalam memperoleh pendidikan tinggi.

Presiden Joko Widodo meminta Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) lebih mengoptimalkan program pembiayaan pendidikan sebagai investasi di bidang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close