Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Manfaat Sayuran Hijau Bagi Kesehatan Otak

Kamis, 02 Februari 2017 – 21:37 WIB
Manfaat Sayuran Hijau Bagi Kesehatan Otak - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Ada banyak orang yang tidak menyukai sayuran, khususnya anak kecil. Padahal, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Semakin hijau warna sayuran, maka makin tinggi pula kandungan nutrisinya. Sayuran hijau sering disebut-sebut sebagai makanan super dengan manfaat kesehatan ajaib mulai dari mencegah kanker hingga menangkal peradangan.

Sayuran seperti bayam, kale dan lobak super ampuh untuk kesehatan otak.

Sebuah studi baru dari University of Illinois menemukan bahwa lutein, pigmen yang ditemukan dalam sayuran berwarna hijau gelap membantu mempertahankan fungsi kognitif dan ketajaman mental usia otak.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers di Aging Neuroscience menambah bobot hipotesis, bahwa seluruh diet makanan nabati mendukung kesehatan otak dan mencegah penurunan kognitif.

Lutein merupakan bagian dari kelompok yang terjadi secara alami pada pigmen tumbuhan yang dikenal sebagai karotenoid.

Kangkung, bayam dan dandelion hijau memiliki kandungan lutein tertinggi dari setiap makanan, tetapi protein ini juga bisa ditemukan dalam kuning telur, rempah-rempah tertentu dan sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis Brussel.

Setelah sayuran atau makanan tersebut tertelan, lutein terakumulasi di otak, di mana mereka kemungkinan memainkan peran dalam saraf.

Ada banyak orang yang tidak menyukai sayuran, khususnya anak kecil. Padahal, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena banyak memiliki manfaat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Sayuran 
BERITA LAINNYA
X Close