Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menggunakan Facebook Membuat Anda Lebih Kesepian?

Senin, 17 April 2017 – 10:37 WIB
Menggunakan Facebook Membuat Anda Lebih Kesepian? - JPNN.COM
Netizen di Facebook. Foto: Telegraph

jpnn.com - Anda mungkin berpikir menggunakan Facebook, Twitter dan Instagram bisa membawa Anda lebih dekat dengan teman-teman, tetapi sebuah studi baru justru menunjukkan hal sebaliknya.

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine, menarik hubungan antara lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk media sosial dengan peningkatan risiko isolasi sosial pada orang dewasa muda.

"Kita semua secara adalah makhluk sosial, tetapi kehidupan modern cenderung membuat kita terisolasi," kata pemimpin studi, Dr. Brian A. Primack, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (16/4).

"Walaupun mungkin tampaknya media sosial memberikan peluang untuk mengisi kekosongan sosial, saya pikir penelitian ini menunjukkan bahwa hal ini bukanlah menjadi solusi yang baik," imbuh Primack.

Mulai 2014, Primack dan timnya meneliti lebih dari 1.700 orang Amerika 19-32 tahun mengenai penggunaan media sosial mereka seperti Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram, Snapchat, Reddit, Tumblr, Pinterest, Vine dan LinkedIn dan mengukur isolasi sosial yang mereka rasakan dengan menggunakan Patient-Reported Outcomes Measurement Information System.

Setelah mengontrol variabel sosial dan demografis, tim Primack menemukan orang-orang yang menggunakan media sosial selama lebih dari dua jam per hari.

Hasilnya, mereka dua kali lebih mungkin merasakan isolasi sosial dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang menghabiskan kurang dari setengah jam di media sosial setiap hari.

Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menghubungkan penggunaan media sosial berlebihan dengan kesehatan mental yang lebih buruk.(fny/jpnn)

Anda mungkin berpikir menggunakan Facebook, Twitter dan Instagram bisa membawa Anda lebih dekat dengan teman-teman, tetapi sebuah studi baru justru

Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close