Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menhub: Nanti Kami Akan Selesaikan

Minggu, 19 Februari 2017 – 09:09 WIB
Menhub: Nanti Kami Akan Selesaikan - JPNN.COM
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Kemenhub

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan akan membantu mengoptimalisasikan sisi udara Bandara Matahora, di antaranya menambah ketebalan (pcn) landasan, dan memperpanjang runway bila diperlukan.

"Pcn-nya sekarang masih di bawah 25. Perlu dioverlay menjadi 35 sampai 38. Nanti kami lihat kalau 737 sudah mau di sini, kami tambah runway-nya menjadi 2400 m," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Saat ini Bandara Matahora memiliki fasilitas runway 2000x30 m2 yang bisa didarati pesawat jenis ATR 72-500.

Ke depan, Kemenhub akan menyambungkan penerbangan dari Bali, Wakatobi, dan Toraja. Ketiganya merupakan destinasi pariwisata andalan Indonesia.

"Nanti kami akan selesaikan Bandara Pontiku di Toraja kurang lebih enam bulan dengan kapasitas ATR. Nantinya akan terjadi kombinasi penerbangan yang menarik. Dari Bali yang penuh kultur, menuju Wakatobi yang alami, dan menuju Toraja yang magis," harapnya.

Selain penerbangan, Kemenhub juga mengungkapkan akan mengoptimalkan angkutan penyeberangan di Wakatobi.

"Wakatobi kan terdiri dari empat pulau. Tidak boleh ada yang tidak terkoneksikan. Makanya saya ajak Dirut ASDP untuk membahas bagaimana konektivitas ini bisa terjadi menggunakan angkutan penyeberangan," ucapnya.

Budi meminta ASDP untuk melakukan studi terkait kemungkinan ASDP beroperasi melayani angkutan penyeberangan di beberapa pelabuhan di Wakatobi, termasuk di pelabuhan Wanci.(chi/jpnn)

Kementerian Perhubungan akan membantu mengoptimalisasikan sisi udara Bandara Matahora, di antaranya menambah ketebalan (pcn) landasan, dan memperpanjang

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close