Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mensos Genjot Verivali Data Kemiskinan Berbasis Digital

Rabu, 05 April 2017 – 12:55 WIB
Mensos Genjot Verivali Data Kemiskinan Berbasis Digital - JPNN.COM
Mensos khofifah Indar Parawansa dalam pembukaan Rakornis SISKADASATU di Tanjung Pesona, Bangka. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Langkah maju dan cepat terus dilakukan Kementerian Sosial di bawah komando Khofifah Indar Parawansa.

Satu hal yang digenjot adalah melakukan verifikasi dan validasi (verivali) data kemiskinan dengan sistem digital.

Langkah ini dikenal dengan Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu (SISKADASATU) dengan memanfaatkan teknologi digital yang dimiliki oleh kabupaten/kota.

"Ini Sesuai amanat Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin maka Kementerian Sosial dimandatkan untuk melakukan verifikasi dan validasi data setiap dua tahun sekali," kata Mensos saat membuka Rapat Koordinasi Teknis SISKADASATU di Provinsi Bangka Belitung, Selasa malam (4/3).

Proses verivali 2017 dilakukan dengan Melihat basis data terpadu (BDT) 2015 hasil pendataan BPS. Nantinya, dalam SISKADASATU, Kemensos mengambil data BPS dan kemudian dikelompokkan per kota dan kabupaten.

Data kemudian diverifikasi dan validasi secara berjenjang mulai dari level RT dan RW, Kades, Lurah, Camat, kemudian dilaporkan kepada Bupati/Wali Kota hingga Gubernur.

Selanjutnya, disampaikan kepada Menteri Sosial untuk dilakukan pemutakhiran data.

"Melibatkan unsur RT dan RW, karena mereka paling tahu kondisi masing-masing warganya. Layak atau tidak menerima bantuan," imbuh Khofifah

Meskipun jenjangnya panjang tetapi dengan menggunakan IT yang sudah on line melalui username dan password yg diakses kabupaten/kota makan sistem ini diyakini bakal efektif.

Langkah maju dan cepat terus dilakukan Kementerian Sosial di bawah komando Khofifah Indar Parawansa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   Kemensos 
BERITA LAINNYA
X Close