Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mentan Minta Sumut Ekspor Bawang

Jumat, 10 Februari 2017 – 19:22 WIB
Mentan Minta Sumut Ekspor Bawang - JPNN.COM
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta pemerintah Sumatera Utara untuk mempersiapkan produksi bawangnya diekspor ke Singapura dan Malaysia.

Pasalnya, menurut Amran, produksi bawang di Indonesia sudah melimpah.

"Khusus Sumatera Utara, mohon bawangnya dipersiapkan untuk ekspor ke Singapura dan Malaysia saja. Di sini produksi sudah banyak dan harganya juga sudah turun menjadi Rp 10 ribu per kilogram," ujar Mentan Amran di Medan, Kamis (9/2/2017).

Mentan Amran juga meminta Sumatera untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri baik itu beras, bawang, cabai dan sebagainya tanpa mendatangkan dari provinsi lain.

"Terima kasih, Medan produksi padinya naik 500 ribu ton, di Solok juga ada produksi bawangnya. Pulau Sumatera harus bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri tidak dari wilayah lain karena angkutnya mahal sehingga menimbulkan inflasi. Kalau diproduksi sendiri biaya angkut lebih murah, menekan inflasi dan menurunkan kemiskinan," jelas Mentan Amran.

Mentan Amran mengklaim produksi bawang dan jagung mengalami peningkatan tajam.

Menurutnya, impor dua komoditas tersebut turun hingga 66 persen sehingga, dirinya optimistis Indonesia akan mampu mengekspor dua komoditas itu.

Selain bawang, lanjut Mentan, Indonesia juga bersiap-siap mengekspor beras kualitas premium ke luar negeri termasuk Malaysia.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta pemerintah Sumatera Utara untuk mempersiapkan produksi bawangnya diekspor ke Singapura dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close