Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menteri LHK: Wujud Nawacita, Negara Berpihak ke Rakyat

Sabtu, 24 Desember 2016 – 09:51 WIB
Menteri LHK: Wujud Nawacita, Negara Berpihak ke Rakyat - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar saat berdiskusi dengan wartawan, Jumat (23/12). Foto for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com - 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Beberapa capaian di sektor lingkungan hidup dan kehutanan, telah berhasil dicatatkan. Namun demikian, beberapa tantangan juga telah siap menyambut di tahun mendatang.

Hal inilah yang menjadi bahasan diskusi, antara Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dengan wartawan, Jumat (23/12). Diskusi kali ini bukan acara formal, melainkan diskusi santai namun serius di ruang kerja RI 39 di lantai 4 gedung Manggala, Jakarta.

Capaian KLHK sepanjang 2016 yang menjadi perhatian, seperti keberhasilan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang mampu diatasi setelah hampir dua dekade selalu rutin terjadi.

Juga dibahas perihal pencanangan perhutanan sosial, penanganan pencemaran, penanganan pelanggaran-pelanggaran di kawasan hutan, serta capaian-capaian lainnya.

Menteri Siti mengatakan semua capaian ini merupakan kerja nyata mewujudkan Nawacita, yakni menghadirkan negara untuk melindungi segenap bangsa, terutama dalam konteks perlindungan masyarakat dari kerusakan lingkungan.

Berbagai upaya dan kerja nyata ini, disebut Menteri Siti dengan istilah 'banting setir' keberpihakan negara yang berorientasi pada kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

''Orientasi banting setir dalam keberpihakan, sebenarnya bukan hanya di KLHK. Keberpihakan Presiden dan Wapres terlihat sangat banting setir untuk orientasi masyarakat, seperti membangun desa-desa sekitar hutan, prioritas pada ekonomi masyarakat, dan ini bukan hanya jargon," tegas Menteri Siti.

Salah satu contoh 'banting setir' yang dikatakan Menteri Siti, adalah kebijakan perhutanan sosial. Secara sederhana, konsep perhutanan sosial mengubah orientasi yang sebelumnya pengelolaan hutan hanya dikuasai korporasi besar, maka saat ini masyarakat juga akan diberi akses legal sekaligus didampingi untuk bersama-sama sejahtera dari hutan.

JPNN.com - 2016 menjadi tahun kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Beberapa capaian di sektor lingkungan hidup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close