Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Norwegia akan jadi Negara Pertama Tak Punya Radio FM

Kamis, 12 Januari 2017 – 10:38 WIB
Norwegia akan jadi Negara Pertama Tak Punya Radio FM - JPNN.COM
Kota Oslo, Norwegia. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Norwegia bakal mencatat sejarah sebagai negara pertama di dunia yang menghapus sinyal radio analog.

Penghapusan akan dilakukan secara berkala. Yakni, dimulai dari mematikan sinyal frequency modulation (FM) di wilayah Nordland sejak kemarin (11/1) pukul 11.11 waktu setempat.

Wilayah lain bakal menyusul hingga seluruh jaringan sinyal radio FM di Norwegia tidak ada lagi pada akhir tahun nanti. Sinyal tersebut akan digantikan dengan digital audio broadcasting (DAB) alias radio digital.

"Alasan utama di balik perubahan besar ini adalah kami ingin menawarkan layanan radio yang lebih baik kepada seluruh populasi,’’ ujar Kepala Digitalradio Norge Ole Jorgen Tormark.

Digitalradio Norge merupakan anak perusahaan dari stasiun penyiaran milik pemerintah Norwegia NRK. Rencana pemerintah Norwegia untuk mengubah sinyal radio dari analog ke digital sebenarnya sudah lama ada. Sinyal FM kurang jernih dan memakan banyak biaya. Terlebih di negara berpenduduk 5,25 juta jiwa tersebut, banyak pegunungan dan lembah. Berbeda dengan sinyal digital yang suaranya lebih jernih.

Selain itu, sinyal digital lebih mudah ditangkap wilayah pegunungan seperti Norwegia. Pemerintah berdalih bahwa penghematan setelah adanya perubahan sinyal tersebut bisa digunakan stasiun penyiaran untuk membuat program-program baru.

Keputusan itu tidak disambut baik oleh masyarakat. Mereka menilai bahwa pemerintah terlalu terburu-buru. Sebab, sekitar 2,3 juta pengguna mobil masih belum memiliki peralatan yang mendukung DAB. Tanpa radio sama sekali di mobil, mereka akan sulit mendapatkan berita terbaru mengenai titik kemacetan. Terutama saat musim dingin. (theguardian/bbc/sha/c7/any/jpnn)

Norwegia bakal mencatat sejarah sebagai negara pertama di dunia yang menghapus sinyal radio analog.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close